SALAM Berbagi 5: Persembahan Pecinta Alam Untuk Pendidikan Indonesia

    0
    465

    Reviensmedia.com, Kabupaten Sanggau – Sahabat Alam Sekayam (SALAM) kembali menggelar kegiatan SALAM Berbagi. Agenda tahunan komunitas pecinta alam ini merupakan kegiatan kelima kalinya yang digelar di berbagai pelosok Sekayam.

    Jika tahun lalu pelaksanaannya di SDN 17 Keladang dusun Keladang, maka kali ini kegiatan SALAM berbagi dilaksanakan di dusun Masa, Desa Raut Muara, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat – Dengan mengusung tema “Kami Masih Indonesia” kegiatan tersebut berlangsung sukses dan mendapat dukungan baik dari masyarakat setempat. Terbukti dengan hangatnya suasana dialog yang digelar di balai pertemuan dusun Masa pada Sabtu malam (17/2/2018) lalu.

    Baca Juga  Enggang Drone Comunity : Tradisi Tumpengan dalam Menyambut Hari Kelahiran

    Keberadaan SDN 24 Selangai merupakan jantung pendidikan di dusun Masa, sebab hanya inilah satu-satunya sekolah yang terdapat di dusun tersebut. Anak-anak yang sudah menyelesaikan tingkat dasar dan ingin melanjutkan ke tingkat menengah harus menempuh medan jalan yang terjal untuk menuju pusat kecamatan yang ada di Balai Karangan.

    IMG-20180225-WA0002

    Banyak hal yang dikeluhkan oleh orang tua yang berada di dusun Masa, salah satunya adalah jarak. Jarak antara dusun Masa dan Balai Karangan (pusat kecamatan Sekayam) sekitar 20 km dengan kondisi jalan berbatu dan belum diaspal.

    Hal tersebut menjadi kendala yang belum dituntaskan hingga hari ini. Selain itu, faktor lain seperti faktor ekonomi juga menjadi hal yang dapat menghambat terpenuhinya kualitas pendidikan. Masyarakat berharap pemerintah peduli pendidikan hingga ke sudut-sudut negeri.

    Baca Juga  Kilas Balik Kisah Gadis yang Belajar Berdamai dengan Kenyataan

    Dengan mengandalkan tiga ruang kelas yang masing-masingnya disekat untuk mencukupi enam tingkat rombongan belajar, anak-anak SDN 24 masih bersemangat menimba ilmu dari guru-guru yang sebetulnya juga disebar dengan proporsi yang tidak merata. Banyak sarana dan prasarana yang belum terpenuhi dan yang paling penting adalah ketersediaan listrik.

    Hingga saat ini, dusun Masa termasuk dusun yang belum disentuh listrik. Para relawan juga sedang melakukan penggalangan dana untuk pembelian generator listik yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas pendidikan.

    Baca Juga  Uang di Amplop Merah saat Imlek, Apa Filosofinya?

    IMG-20180225-WA0003
    Kedatangan SALAM dan relawan lainnya pada kegiatan SALAM berbagi 5 kemarin, rupanya turut menyumbang kebahagian pada raut wajah mereka. SALAM memberikan donasi berupa ATK, perlengkapan sekolah dan alat-alat kebersihan yang dapat menunjang kenyamanan mereka dalam belajar. Sebanyak 84 donasi sudah diserahkan langsung oleh SALAM dan volunteer yang tergabung dalam kegiatan ini.
    Isartono selaku founder SALAM mengungkapkan: “Kecintaan kita terhadap alam dan Sekayam harus diimbangi dengan kepedulian terhadap pendidikan.” Konsistensi yang dimiliki oleh komunitas ini patut diteladani, karena Indonesia hari ini hanya butuh orang-orang yang peduli.

     

    Penulis: Rahmi Syalfitri Riska

    Comments

    BAGIKAN
    Berita sebelumyaPeresean, Tarian Kuno Pelampiasan Rasa Emosional Raja Masa Lampau
    Berita berikutnyaPertanyaannya, “DILAN 1990” kok Nggak dibuat di Purworejo Saja
    http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
    REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here