Pembukaan Galeri Kertas Komik dalam “… marang ibu” Ugo Untoro

0
305
Ugo Untoro

Pembukaan Galerikertas Pameran “… marang ibu” Ugo Untoro 23 Maret- 22 April 2018, 10.00- 20.00 WIB

PEMBUKAAN
Jumat, 23 Maret 2018
Pukul 19.30 WIB
Jl. Raya Cinere, Gang Manggis No. 72, Parung Bingung- Depok
Dibuka oleh JJ. Rizal, sejarawan
Penampilan musik Bunyi Sunya, pimpinan Lawe Samagaha.

Reviensmedia.com, Depok – Galeri Kertas merupakan ruang pameran untuk karya seni visual dan seni rupa yang menggunakan kertas, baik sebagai media, material, atau apapun kemungkinan penciptaan lainnya. Maka, karya-karya yang bisa dihadirkan di Galeri Kertas beragam mulai dari sketsa, desain komunikasi visual, rancang bangunan, bahkan komposisi not musik, sampul buku, hingga karya tiga dimensi serupa instalasi, patung, topeng, serta segala kemungkinan penciptaan seni visual dan seni rupa yang menggunakan kertas.

“Galeri Kertas adalah galeri yang membawa kita ke masa lalu. Apa yang dikhawatirkan dari kertas bukan fisiknya, tapi yang dikhawatirkan adalah tersisihnya ide, gagasan dan sensitifitas berkarya dengan kertas. Tujuan kami adalah memperlambat dan menemukan kembali yang hilang dan kami ingin menanam kembali sesuatu yang lebih subur dari Galeri Kertas” tutur Hanafi. Direktur Studiohanafi, menjelaskan Galeri Kertas sebagai upaya pencarian “bahasa” baru yang menunjukan perkembangan karya kreatif dengan kertas.

Galeri Kertas merupakan ruang edukasi sekaligus promosi yang disediakan Studio Hanafi untuk seniman di Indonesia yang berkarya menggunakan kertas, baik kertas sebagai medium, material, atau apapun kemungkinan penciptaan lainnya.

Tujuan Galeri Kertas adalah untuk regenerasi seniman, melalui interaksi, bertukar pikiran antara seniman senior dengan seniman muda yang juga berkarya menggunakan kertas.

“Pada gilirannya, karya seniman muda tersebut akan dibahas dan dikurasi oleh seniman berpengalaman lalu dipamerkan pada bulan berikutnya. Sirkulasi seperti inilah yang menjadikan galerikertas sebagai ruang edukasi dan promosi” seperti yang dijelaskan Heru Joni Putra, penangggung jawab Galeri Kertas.

Pembukaan galeri kertas Studiohanafi (23/3) akan dimulai dengan pameran tunggal Ugo Untoro, perupa asal Yogyakarta. Pameran berjuluk “…marang ibu” akan menampilkan komik sebagai salah satu gagasan karya penciptaan dalam pameran ini.

“Komik merupakan salah satu bentuk karya seni yang pertama saya kenal, selain boneka, wayang atau film kartun. Komik menarik karena dalam sebuah buku kita menemukan teks dan gambar. Teks dan gambar ini saling bahu membahu membangun sebuah cerita” ungkap Ugo.

28951749_1874694159268396_8050827307708841984_n

Selain komik, Ugo akan menampilkan karya-karya kertas seperti origami dan 100 lebih sketsa  di atas medium kertas daur ulang yang ia sebut sebagai “tumpukan hari”. Serta berbagai karya kertas lainnya.

Pembukaan galeri kertas akan dibuka oleh JJ. Rizal, sejarawan yang akan mengurai sejarah kertas, serta penampilan musik Bunyi Sunya, pimpinan Lawe Samagaha.

Akhirnya, galeri kertas bertujuan sebagai ruang untuk edukasi dan promosi, menampung segala modus penciptaan dan mencari alternatif lain dari kertas. Prakarya dalam kertas adalah semangat untuk melihat proses belakang layar. Apa lagi yang bisa dibuat dan ditemukan dengan karya kertas untuk mencari peluang dan menemukan nilai.

Sumber: Studio Hanafi & Facebook Hanafi

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaMapasilaga Todong, Rangkaian Panjang Prosesi Kematian Bangsawan Tana Toraja
Berita berikutnyaMakna Lahan Sawah Bagi Pertiwi
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here