Tips ASI Eksklusif Ibu Pekerja

0
121
Illustrasi Ibu Menyusui (Poskota News)

Wanita karir atau ibu pekerja selama ini memiliki kendala dalam hal memberikan ASI Eksklusif bagi buah hatinya di rumah.

Bekerja adalah pilihan bagi wanita agar dapat membantu menopang ekonomi keluarga tapi bekerja bukanlah halangan untuk memberikan ASI bagi buah hati.

Apa si yang harus dipersiapkan bagi ibu pekerja untuk dapat memberikan ASI Ekskusif bagi buah hatinya:

1. Mencari tahu tentang pentingnya ASI bagi tumbuh kembang sang buah hati, dengan mengetahui manfaat ASI bagi bayi akan membangkitkan niat dan semangat ibu agar bisa memberikan ASI Eksklusif kepada buah hatinya.

Illustrasi ASI (Tribun Batam)
Illustrasi ASI (Tribun Batam)

2. Jangan lupa membeli keperluan untuk memerah ASI

Pompa Perah ASI Manual (Hello Sehat)
Pompa Perah ASI Manual (Hello Sehat)

Sering sekali ketika ibu sedang hamil yang dipikirkan adalah kebutuhan si bayi seperti baju popok tempat tidur kaos kaki kereta dorong dan lain sebagainya semuanya menyangkut tentang kebutuhan si dedek bayi. Sehingga sering terlupakan untuk membeli perlengkapan “perang” untuk memompa ASI.

Si ibu cenderung membeli peralatan pompa ketika akan masuk kerja tapi ini tidaklah tepat usahakan membeli perlengkapan seperti pompa ASI baik yang manual ataupun elektrik, botol ASIP ataupun Plastik ASI dan juga cooler bag.

3. Pompa ASI bunda sedini mungkin dalam artian ketika si baby lahir dan ASI sudah mulai lancar coba lah untuk memompa ASI, biasanya ibu baru atau New Mom akan mengalami kesulitan karena ketika si baby baru lahir dan mulai menyusu akan memberikan luka lecet bagi area puting, sehingga akan sakit jika di pompa.

Mompa ASI (Aura.co.id)
Mompa ASI (Aura.co.id)

Seharusnya ini tidak akan menjadi masalah karena lama kelamaan si ibu akan terbiasa dan ketika si pompa rasa sakitnya juga akan hilang. Ketika ibu masih bercuti usahakan untuk sudah memulai stok ASIP agar dapat memberikan ASI Eksklusif karena jika memulai untuk stok ketika akan masuk kerja cenderung untuk keteteran menyediakan ASIP karena semakin besar si bayi akan lebih banyak mengkonsumsi ASIP.

4. Sewa Kulkas Khusus Frezer

Freezer Penyimpanan ASI (Asibayi.com)
Freezer Penyimpanan ASI (Asibayi.com)

Sebisa mungkin sewa lah lemari es khusus frezer atau beli lemari es khusus untuk menyimpan ASI. Karena dengan kulkas khusus ASI akan bertahan lebih lama bisa sampai 6 bulan.

5. Belajar Bagaimana Menyimpan dan Menyajikan ASIP Dengan Benar

Illustrasi (Tribun Pontianak)
Illustrasi (Tribun Pontianak)

Dengan new mom ikut bergabung dengan grup ibu-ibu menyusui akan mendapat banyak ilmu tentang bagaimana cara menyimpan dan menyajikan ASIP dengan baik dan benar agar nutrisinya tetap terjaga.

6. Ketika si ibu sudah mulai bekerja atau masa cutinya sudah habis, ibu harus tetap memompa ASI di kantor per 2 sampai 3 jam sekali agar produksi ASI tetap setabil, disarankan ibu pekerja menggunakan pompa ASI elektrik karena hal ini akan lebih mudah cukup ditempelkan ke payudara dan akan memompa sendiri sehingga jika ibu sedang sibuk tetap bisa memompa ASI.

Illustrasi (Momdadi.com)
Illustrasi (Momdadi.com)

Ibu bekerja bukan alasan untuk tidak memberikan ASI bagi si buah hati, semangat meng ASIHI

Penulis: Dewi Sutrisno

Comments

BAGIKAN
Berita sebelumyaGempa Literasi di Tanah Borneo
Berita berikutnyaWayangan di Merti Dusun, Upaya Melestarikan dan Menjaga Nilai-nilai Budaya Nusantara
http://reviensmedia.com/wp-content/uploads/2015/12/Logo-R-Reviens-Media-277x300.png
REVIENSMEDIA.COM hadir untuk menampung pemuda-pemuda kreatif, inspiratif se Indonesia. Keterbukaan, keragaman dan explorasi talenta adalah tujuan reviensmedia.com. Slogan kami adalah: Explorasi untuk Kebersamaan dan Harmoni. Selain web, media yang kita gunakan adalah media sosial lainya. Di media ini kami Bersama-bersama mengembangkan passion, dan karya yang kami hasilkan berupa tulisan dan audio visual. Kami tergabung dalam persahabatan dan karya di ajang Sahabat Reviens yang tersebar seantero nusantara seperti Jakarta, Kebumen, Pontianak, Bitung, Purworejo, Pekanbaru, Sumbawa, Bekasi, Depok dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here