Wanita, Quote R.A Kartini ini Mungkin Akan Menjadikanmu Lebih Berharga

0
113

Raden Ajeng kartini tokoh emansipasi wanita dari Indonesia, dikenal cerdas, mandiri, fearles, kuat dengan cita-citanya serta rebellious pada masanya.

Inspirasinya masih dipakai sampai saat ini, bukan untuk negaranya saja, tetapi dunia pun mengakuinnya. Kartini adalah sosok yang baik untuk wanita, dan sosok wanita terhormat oleh laki-laki karena sikap, peragainya dan perilaku sopan santunnya.

Tak cukup rasanya bila kita hanya mengenal “Habis gelap terbitlah terang”. Beberapa ini quote yang inspiratif untuk wanita, semoga wanita setelah membaca kutipan inspiratif ini akan terketuk hatinya dan mempunya pemikiran seperti kartini, untuk menjadi wanita yang sesungguhnya

1. Kartini menyadari bahwa wanita itu adalah aset berharga untuk negara, dengan pemikirannya quotes ini menggambarkan bahwa wanita harus bisa untuk bersikap dalam menentukan pilihan termasuk perihal jodoh. Tetapi ini hanya sudut pandang dari penulis saja. Untuk pembaca dan lainnya mungkin berbeda

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu.┬áTapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri”

2. Kartini juga memahami kehidupan ini ada gelap dan terangnya, kutipannya ini menggambarkan bahwa kehidupan itu ada dua sisi. Kesenangan dan kesedihan, kartini mengajak untuk memahami tentang kebahagiaan itu didapat dari kesedihan terlebih dahulu.

Baca Juga  Aku dan Riuh Gambir: Sebuah Memoar Darman Prasetyo

“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu
Sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu”

3. Disela-sela kesibukannya dahulu, kartini adalah sosok yang halus hatinya, romantis peragainya untuk wanita kala itu. Kutipan ini seakan mengajak bahwa berbuat sesuatu yang membuat orang dicintainya adalah perihal yang paling menyenangkan

“Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai”

4. Mungkin ini salah satu kunci Kartini tidak kehabisan mimpi-mimpinya. Karena kata “aku mau” mengalahkan segalannya.

Baca Juga  Siti Nurbaya Zaman Now

“Tahukah engkau semboyanku, Aku mau ! Dua patah kata yang ringkas itu, sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “aku tidak dapat ! Melenyapkan rasa berani. Kalimat aku mau ! Membuat kita mudah mendaki puncak gunung”

5. Kartini sepertinya memahami tentang kata mengeluh, mengeluhkan hal-hal buruk dalam benaknya mungkin bukanlah sebuah solusi. Tetapi peragai penolakannya ini mungkin menjadi sebuah jawaban. Sikapnya yang seperti ini mungkin yang menjadikannya sosok wanita fearlles dimasanya dan sampai saat ini.

“Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang”

6. Kartini mungkin menceritakan, bahwa ketika kamu (wanita) sedang menjadi pilihan seorang laki-laki, dan lelaki itu mencintai setulusnya tanpa ada embel-embel kamu adalah wanita yang beruntung, sebab kamu dipertemukan dalam keadaan berharga. Lagi-lagi ini hanyalah pendapat dari sudut pandang penulis

Baca Juga  Untungnya Nikah Sama Orang Purworejo

“Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga dimata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu”

Beberapa itu lah quote pilihan dari penulis, dan kartini tetaplah sosok yang menginspirasi banyak orang. Mungkin selama ini hanya dilihat sebagai inspirasi wanita saja. Tetapi pada dasarnya laki-laki juga mengaguminnya dengan berbagai pemikiran yang dihasilkannya. Menjadi wanita adalah anugrah terindah dari Allah, maka jagalah apa-apa yang menjadikanmu berharga. Untuk Indonesia jaya. Selamat hari kartini wanita Indonesia,

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here