Kesuksesan Itu Tidak Selalu Terlihat Nyata

0
126
Illustrasi: Google

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Ilmu padi, makin tua makin merunduk. Dari situ kita mendapat pengajaran agar semakin kita sukses, berhasil maupun semakin pandai, kita juga harus semakin rendah hati. Semua kesuksesan maupun kecerdasan yang kita miliki memang merupakan buah dari apa yang telah kita tuai selama ini. Tapi, kita juga harus ingat bahwasanya semua itu juga ada campur tangan dari Tuhan, juga campur tangan orang -orang di sekitar kita.

Jadi, rasanya konyol jika kita menganggap keberhasilan yang telah kita capai mutlak hanya karena kerja keras kita sendiri, tanpa campur tangan siapapun. Belajar bersyukur juga merupakan modal awal supaya kita bisa menjadi pribadi yang rendah hati.
Kita juga bisa mengamalkan sifat rendah hati itu melalui beberapa cara. Seperti contoh buah-buahan yang hidup dan tumbuh di dalam tanah. Tentu kita tidak bisa melihat tingkat pertumbuhan buah tersebut. Kita hanya bisa melihat pertumbuhan pohon dan daunnya saja.

Baca Juga  Purworejo Menangis

Pohon dan daun yang terlihat tumbuh pesat belum tentu memiliki buah yang besar. Begitupun sebaliknya, pohon dan daun yang tidak tumbuh subur, justru buahnya tumbuh subur dan besar. Jadi, kita bisa seperti pohon tersebut. Kita tidak perlu menggembor-gemborkan kelebihan maupun kesuksesan kita.
Kita cukup hidup biasa dan sederhana meskipun kita memiliki segalanya yang tidak dimiliki orang lain.

Setiap kesuksesan tidak perlu diperlihatkan secara nyata. Tapi yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkan kelebihan yang kita punya agar berguna bagi orang lain. Tak perlu takut disepelekan, abaikan pendapat orang. Itu lebih baik daripada kita gila hormat, ingin selalu didewakan (dihormati) oleh oranglain, merasa dirinya paling segalanya. Ujung-ujungnya merendahkan manusia yang lain. Itu jelas-jelas moral busuk yang harus kita enyahkan dari hidup kita. Tiada manusia yang sempurna. Semuanya telah diatur agar hidup bisa berjalan secara seimbang. Seperti ada siang, ada pula malam, ada panas ada hujan, ada kaya ada miskin, dan ada pandai adapula bodoh.

Baca Juga  Suara Emas Burung Kutilang di Balik Label Perusak

Tugas kita sebagai insan yang memiliki kelebihan, agar mau melengkapi kekurangan antar sesama. Berusaha sekeras mungkin untuk mencapai kesuksesan itu memang keharusan. Namun, mengumbar kesuksesan itu saya rasa sangat tidak diharuskan. Biarkan orang lain yang melihat tanpa harus kita perlihatkan. Dan biarkan orang lain yang menilai tanpa harus kita beritahu.

Baca Juga  Mendidik dengan Hati

Menjadi pribadi yang rendah hati tentu menjadi pilihan yang tepat untuk mendampingi kesuksesan yang telah kita raih. Sedang segala bentuk kesombongan pada akhirnya akan menjadi teman yang berkhianat yang akan mengikis segala yang telah kita raih. Yuk jadi pribadi yang baik !!! Stop mengumbar kesuksesan (terkecuali untuk inspirasi, itupun harus dengan niat yang baik dan tulus).

Manfaatkan kelebihan yang kita miliki untuk kepentingan banyak orang, selagi masih ada kesempatan.Kesempatan menjadi orang sukses, dan kesempatan hidup di dunia ini. Because that it first point.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here