3 Cara Agar Kamu Tetap Semangat Wujudkan Cita-cita

3 Cara Agar Kamu Tetap Semangat Wujudkan Cita-cita

Berbicara soal cita – cita,  mungkin diantara kita ada yang merasa tidak mampu meraih cita – cita jika melihat kondisi finansial kita dan begitu banyak kelemahan yang ada pada diri kita. Tapi guys, jangan berkecil hati dulu, dengan keterbatasan yang kita miliki kita harus memiliki keyakinan bahwa suatu hari nanti kita bisa meraih cita-cita. 

 

Aku punya beberapa tips buat kalian biar kalian tetep semangat untuk mewujudkan cita – cita, apa saja guys…? Langsung saja ya… ini dia.

 

1. Refleksi Diri
Pertama, yang harus kita lakukan adalah merefleksi diri tentang siapa kita saat ini. Apakah kita sudah yakin bahwa kita ini berharga? Apakah kita memiliki potensi atau tidak? Apakah kita yakin dengan kemampuan diri kita sendiri? Cobalah sekali – kali kita merenung apa saja yang telah kita lakukan untuk meraih cita – cita? Sudah sejauh mana langkah kita? Strategi apa yang sudah kita susun untuk meraih cita-cita? atau bahkan kalian belum menyusunnya sama sekali? Lantas apa yang kalian lakukan selanjutnya jika suatu hari nanti belum bisa meraih cita-cita?

 

Coba kalian tanya pada diri kaian sendiri… karena hanya diri kalian sendiri yang bisa menemukan jawabannya.

 

2. Bermimpilah  
Kalian pasti pernah bermimpi bukan…? Yaps, pasti setiap orang pernah bermimpi. Ada yang bilang bahwa mimpi adalah awal dari meraih cita-cita. Lebih baik bercita- cita tinggi dari pada bercita–cita sama sekali. Tentu kita masih ingat pesan dari Bung Karno untuk menggantungkan cita– cita dan impian setinggi langit. Dan jika kita jatuh, maka kita akan jatuh diantara bintang – bintang. 

 

3. Optimis 
Percayalah bahwa suatu hari nanti kita bisa meraih cita-cita kita. Tidak ada penghalang bagi kita untuk meraihnya kecuali pikiran kita sendiri. Berusahalah menjalani hidup dengan baik, tertawa bahagialah dengan teman – teman dan yang paling penting adalah saling mengasihi dengan sesama. Apapun kondisi kita saat ini, ketidakberungtungan kita, barangkali orang tua belum mampu menyekolahkan kita, mungkin kondisi finansial keluarga kita, juga dengan banyak kekurangan pada diri kita.

 

Percayalah, bahwa selalu ada jalan keluar dibalik setiap kegigihan dan do’a – do’a yang setiap malam kalian rapalkan. Intinya adalah jangan pernah putus asa. Nyalakan terus harapan kalian. Terus melangkah ke depan. Percaya, segala sesuatunya adalah mungkin bagi kalian. Teruslah libatkan Tuhan dalam setiap langkah, karena tiada yang mustahil bagi Tuhan jika Dia sudah berkehendak. Semoga kita semua bisa meraih apa yang kita cita- citakan…Amiin….

  

Gantungkan cita – citamu setinggi langit ! bermimpilah setinggi langit jika engkau jatuh engkau berada diantara bintang - bintang

 

Penulis: Siti Fadlilah