3 Alasan Agar Kamu Tetap Semangat dan Pantang Mengeluh Ketika Menghadapi Masalah

3 Alasan Agar Kamu Tetap Semangat dan Pantang Mengeluh Ketika Menghadapi Masalah

Tak ada satupun manusia hidup di dunia ini tanpa memiliki masalah, Gengs. Jadi jangan berkeluh kesah dengan segala permasalahan yang sedang anda hadapi, sebagai manusia biasa tentu saja terkadang kita mengeluh sekali atau dua kali mungkin itu lumprah, tapi janganlah kebablasan ngeluhnya karena mengeluh saja tak menuntaskan masalah, tapi berusahalah menyelesaikan masalah tersebut, gengs.

 

Setiap masalah pasti ada solusinya, meskipun terasa berat, jalani saja nanti juga terlewati meskipun terasa sulit. Bila ikhlas pasti Tuhan akan memberikan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah serumit apapun itu, walau tertatih tetaplah yakin dan percaya, bahwa badai pasti berlalu.

Masalah datang bukan tanpa sebab, segala sesuatu pasti ada sebab dan akibat, terkadang masalah bersumber dari diri sendiri, tak menutup kemungkinan masalah muncul akibat dari kesalahan yang kita lakukan di masa lalu, tak perlu menghindari masalah tersebut karena menghindar justru akan menambah masalah baru.

Seberat apapun masalah yang sedang melanda, tetaplah tegar dan bersabarlah menghadapi gelombang kehidupan yang datang silih berganti, ujian kehidupan tak akan berhenti sebelum maut menjemputmu untuk kembali kepada-Nya. Setiap insan memiliki jatah dan bagiannya masing-masing, jadi jangan merasa hanya dirimu seorang yang memiliki masalah ya Gengs.

Berikut 3 alasan untuk kamu tetap semangat dan pantang mengeluh, ketika dirimu menghadapi masalah.

 

1. Ingatlah dengan orang-orang yang menyayangi dan mencintaimu dengan tulus yaitu keluargamu

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

 

Ketika menghadapi masalah, ingatlah kedua orang tuamu, saudara-saudaramu, bila sudah menikah ingatlah suami/istri dan juga anak-anakmu, tak ada alasan untuk mengeluh, menyerah apalagi putus asa, mereka sangat membutuhkanmu, dan tentu saja akan dengan setia berada disampingmu disaat-saat terberatmu ketika menghadapi masalah, walaupun seluruh dunia meninggalkanmu, tapi tidak dengan keluargamu, mereka akan tetap mencintai dan menyayangimu, memberi suntikan semangat dan terus berjuang membantumu untuk keluar dari permasalahan yang sedang kamu hadapi, jadi bersyukurlah kamu memiliki mereka dan tetap semangat ya Gengs.

 

2. Jangan biarkan mereka yang membencimu bersorak gembira ketika melihatmu terpuruk menghadapi masalah

Photo by Helena Lopes on Unsplash

 

Alasan kedua mengapa kamu tidak perlu mengeluh apalagi memamerkan keruwetan masalah yang kamu hadapi dihadapan orang lain terutama orang-orang yang membencimu. Mereka akan menertawakanmu bahkan bersorak gembira, kamu tidak mau hal itu terjadi kan? Nah tetap tenang dan tersenyumlah meski berat masalahmu, selesaikan tanpa harus mengeluh, tunjukan pada dunia bahwa kamu kuat, tegar dan mampu menghadapi sekaligus menyelesaikan masalahmu tanpa bantuan mereka yang membencimu dan menyepelekan dirimu.

 

3. Kamu akan tahu siapa saja yang berteman denganmu dengan tulus atau tidak

Photo by Melissa Askew on Unsplash

 

Teman sejati tak akan meninggalkanmu disaat kamu sedang terpuruk. Disinilah kamu dengan mudah mengenali siapa-siapa saja teman sejatimu. Meski teman sejatimu jumlahnya tak banyak tapi bersyukurlah, setidaknya kamu bisa membedakan dengan mudah mana teman palsu dan teman sejati.

Tak dipungkuri selain keluarga yang selalu berada disampingmu saat masa-masa sulit menghadapi masalah, support dari sosok teman sejati tentu kamu butuhkan pada saat masalah menimpa dirimu, bahkan diapun akan membantu sebisa mungkin agar kamu bisa keluar dari masalah tersebut.

Tiga alasan tersebut sudah lebih dari cukup sebagai penyemangat dirimu untuk bisa melewati masalah yang sedang kamu hadapi, jangan lupa bersyukur bagaimanapun keadaanmu, terus berusaha dan sertaikah dengan do'a kepada Tuhan agar semua masalahmu yang sulit di permudah dan dilancarkan segala urusanmu. Semoga, Aamiin.
Tetap semangat ya Gengs!