3 Tempat yang Patut untuk Dikunjungi Ketika Masalah Besar Menerpa

3 Tempat yang Patut untuk Dikunjungi Ketika Masalah Besar Menerpa

Foto: pexels.com

 

Terkadang Kita Insan yang hanya manusia  biasa ini tak luput dari keluh dan kesah. Namun tak semuanya harus kita ratapi berlama-lama. Sering kali ketika ada masalah yang menerpa seolah hanya kita mahkluk Tuhan yang di jagat raya ini yang paling berat mempunyai setumpuk masalah,  seolah hanya kita yang terpuruk. Hay dear, it's Wrong!

Di luar sana masih banyak Jutaan makhluk Tuhan yang punyai masalah. Yang selama ini terlihat baik- baik saja belum tentu demikian. Hanya saja mereka menutupinya dengan cara bersyukur, menutupi dengam cara berjuang terlihat baik-baik saja. Walaupun sebenarnya masalah mereka lebih berat daripada kita.

Nah, berikut ini beberapa tempat yang patut untuk dikunjungi ketika masalah besar menerpa:

 

1. Jalan raya
Sesekali cobalah  berjalan di trotoar, perlahan perhatikan di sekitar sana. Terlihat dengan Jelas banyak Makhluk Tuhan yang memperjuangkan nasibnya di jalan raya. Ada pengemis, pengamen, penjualan asongan, pemulung, tukang parkir dan lainya. Apakah mereka mengeluh? ya pasti pernah!

Akan tetapi mereka mesti berjuang untuk meneruskan hidupnya. Dan sebenarnya mana ada sih orang yang ingin terlahir penuh masalah dengan kehidupan yang serba kekurangan? Dari sini bisa belajar, begitu beruntungnya kita yang masih bisa tinggal di rumah yang nyaman, makanan yang terpenuhi dan memiliki pekerjaan walaupun biasa saja.

 

2. Rumah Sakit
Terkadang kita lupa anugerah nikmat sehat yang diberikan Tuhan kepada kita. Sehat itu mahal sebenarnya untuk orang yang sakit. Bayangkan jika Tuhan tidak menciptakan udara secara bebas di alam semesta untuk kita bernafas. Dalam sehari berapa tabung oksigen yang harus kita beli. Sama halnya dengan orang-orang yang ada di rumah sakit, begitu inginya mereka seperti kita bernafas secara normal, memiliki anggota tubuh yang lengkap, berjalan dan beraktivitas selayaknya orang-orang di luar sana.

Parahnya lagi tak sedikit yang terbaring kaku di ranjang bangsal rumah sakit dengan penuh tusukan jarum impus di sekujur tubuhnya  yang sangat mengimpikan bisa melihat dunia luar tanpa alat bantu satupun. Masih patutkah kita  mengeluh?

 

3. Kuburan
Bacanya aja udah rasa ngeri duluan ya Gengs. Pernah kah kita terpikir tempat ini tuk kita singgahi, sekedar berziarah dan merenung. Bukan berarti minta wangsit atau petunjuk dari ahli kubur ya.

Namun tempat ini mengingatkan kita akan kematian. Mengingatkan kita bahwa Tuhan masih memberi kita kesempata waktu tuk dimanfaatkan sebaik-baiknya di bumi. Andai saja orang yang di dalam kubur itu bisa meminta pada Tuhannya, tak sedikit yang  ingin kembali karena menyesal semasa hidupnya tak dipergunakan dengan baik. 

Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang harus disinggahi, seperti kampung pemulung yang tiap hari menghirup udara sampah, panti asuhan yang tak mengimpikan keluarga utuh dan ada juga panti Jompo yang sangat merindukan anak-anaknya kunjungi. Tempat-tempat ini sangat rekomendasi tuk dikunjungi sebagai perenungan.

Tuhan itu maha tahu dan adil memberikan rezeki, ujian masalah sesuai takaran hambanya. Dan kembali lagi pada kita menyikapinya dengan cara yang bagaimana. Ingin mengurung diri meratapi masalah berlama-lama atau segera bangkit, berjuang tuk menyelesaikan masalah. Dari tempat-tempat ini kita akan mengetahui betapa beruntungnya kita dari mereka, tak pantas rasanya jika  kita terkadang insan yang biasa ini berucap "Ya Tuhan why me?" Atau Ya Tuhan dunia ini kejam". Bisa jadi hidup yang kita keluhkan ini adalah hidup yang orang lain eluhkan.

Mulai sekarang hapus kata-kata itu dari pembendaharaan lisan kita. Tuhan maha Tau yang terbaik untuk kita. Setiap ujian yang Tuhan kasih, pastinya akan Tuhan hadirkan sebuah Hadiah yang terindah dari buah kesabaran dan perjuangan kita. Dan yang pasti selalu berprasangka baik pada Tuhan. Sebuah proses perjuangan tak kan pernah menghianat hasilnya.

 

@Kin_Chaniago