5 Amalan Wanita Yang Sedang Haid Agar Hati Selalu Tertaut Pada-Nya

5 Amalan Wanita Yang Sedang Haid Agar Hati Selalu Tertaut Pada-Nya

Hai guys kali ini aku akan menjelaskan apa saja sih amalan yang bisa dilakukan wanita pada saat haid? Meskipun materi ini untuk wanita, tetapi laki-laki juga harus tau lhoo, karena kelak juga mempunya istri kan, nah.. jadi materi ini bisa diajarkan kepada istri dan anak-anak perempuan.

 

Saat sedang haid, wanita tidak boleh melakukan beberapa kewajiban-kewajiban yang biasanya dilakukan saat sedang suci. Seperti Shalat, Puasa, Mengaji Al-Qur’an, juga bersetubuh dengan suami (bagi yang sudah menikah). Eeits, jangan sedih dulu guys, ini sudah jadi fitrah wanita dari Allah, jadi harus diterima yaa…hehe

 

Wanita juga cenderung labil emosinya saat haid lhoo guys. Jadi, terkadang marah-marah tidak tentu. Kenapa? Karena saat haid, wanita tidak boleh melakukan ibadah yang biasanya dilakukan,jadi Syetan dengan mudahnya mengganggu, termasuk lewat emosi atau amarah itu.

 

Naah, apa saja sih amalan-amalan bagi wanita yang sedang haid?

Yuukk simak,hehe

 

1. Perbanyak Dzikir

“Maka ingatlah kamu sekalian kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu” (QS. Al-Baqarah : 152)

Allah SWT memuji orang yang selalu berzikir dalam setiap keadaan.

“Orang-orang yang berdzikir kepada Allah sambil berdiri, duduk, atau berbaring”(QS.Ali Imran : 191)

 

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-Ra’d : 28)

Nah, amalan pertama yaitu Perbanyak Dzikir. Dzikir itu tidak ada batasannya, jadi bisa dilakukan setiap waktu, sebanyak-banyaknya. Seperti : Subhanallah (Maha Suci Allah), Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah), Allahu Akbar (Allah Maha Besar).

Bisa juga “Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim” (Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung).

 

Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi Subhanallahil Adzim seratus kali sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di lautan.”(HR.Muslim dan Tirmidzi).

 

Nah, dzikir ini kan bisa dilakukan untuk yang sedang haid maupun suci,, jadi, daripada galau, melamun, mager, yuuk Berdzikir. Agar hati menjadi tenang, dan tak ada sedikitpun celah untuk Syetan menggoda kita.

 

2. Mendengarkan Murrotal Al-Qur’an

Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan saat Haid yaitu mendengarkan Murrotal Al-Qur’an. Kalau favorit ku sih Murrotal dari Zain Abu Kautsar dan Maghfirah M.Hussen. Kalau mendengarkan Murrotal A-Qur’an itu rasanya hati adeeem banget, semua penat ku hilang rasanya. Penasaran? Boleh dicari di Youtube sekarang.hehe

Allah SWT berfirman :

 

“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapatkan rahmat.”(QS.Al-A’raf : 204)

 

Tahu ga sih? Disamping Membaca Al-Qur’an dan menghayati isinya, mendengarkan Murrotal Al-Qur’an juga mendapatkan pahala yang besar lhoo guys. Tapi ingat, waktu mendengarkan Murrotal harus ditempat yang bersih dan suci yah, jangan di WC. nanti kalau di WC bukannya mendapatkan pahala, malah dosa. Karena WC itu tempat yang najis.

 

3. Baca Sholawat

Amalan ketiga yaitu Baca Sholawat (“Allahumma Sholli ‘Alaa Sayyidina Muhammad ) Pengertian dari bacaan Sholawat adalah “semoga Allah SWT memberikan keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan rahmat pada Nabi Agung Muhammad SAW beserta keluarga dan pengikutnya”.

 

Sholawat adalah bacaan yang ringan ucapannya tapi besar manfaatnya, Masyaa Allah….

Inilah sabda baginda nabi besar Muhammad SAW tentang sholawat : “Bagi siapa yang membaca sholawat kepadaku walau Cuma satu kali maka Allah SWT akan membalas kebaikan kepadamu sepuluh kali dan sepuluh derajat”. (HR. Muslim : 408)

Mengenai anjuran untuk ber Sholawat, Allah berfirman :

 

“Sesungguhnya Allah SWT dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah selalu untuk nabi Muhammad dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”(QS.Al-Ahzab :56)

 

4. Istighfar

Amalan selanjutnyaa yang bisa dilakukan saat sedang haid yaitu perbanyak Istighfar kepada Allah SWT.

 

Manusia diciptakan oleh Allah SWT yang maha Agung disertai dengan nafsu dan akal. Setiap manusia pasti mempunyai khilaf dan dosa. Untuk itu, kita dianjurkan untuk perbanyak Istighfar. Tahu ga sih? Fadhilah dari Istighfar itu banyak sekali lhoo guys. Diantaranya :

 

  1. Agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa yang kita lakukan, baik kita sengaja atau tidak, yang nampak atau yang kita sembunyikan, serta yang kita ketahui atau yang tidak kita ketahui.
  2. Agar Allah SWT memberikan rezeki yang melimpah kepada kita
  3. Agar kita selalu dicatat oleh Malaikat sebagai insan yang selalu ingat kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW yang sudah dijamin Syurga saja, beristighfar sehari 100 kali lhoo guys. Apalagi kita yang belum tau kemana muaranya, Syurga atau Neraka ini?

So, mari biasakan istighfar, baik disaat suci maupun sedang haid yaa guys

 

5. Berdoa

“The Power of Du’a”, Pernah dengar kata itu? Keajaiban Doa. Sebagai umat Islam, Do’a adalah senjata kita. Tak ada yang tidak mungkin selama kita masih mau berdo’a dan berusaha. Nah, saat sedang Haid, kita masih bisa berdoa, memohon kepada sang Maha Merajai, Allah SWT. Bisa membaca do’a-do’a dari Al-Ma’tsurat, ataupun do’a dari ucapan diri sendiri, memohon apa yang menjadi hajat kita.

Diantara waktu mustajab Do’a adalah : Do’a ketika adzan dan iqomah, Do’a ketika Hujan deras, Do’a orang yang teraniaya.

 

Sebagai manusia, kita itu kecil dihadapanNya. Keciil sekali seperti debu. So, masih mau sombong? Apa yang mau dibanggakan, dari kita yang berasal dari setetes mani, dan kelak akan menjadi bangkai yang membusuk?

Self Reminder.

 

Penulis: Lailatul Mubarokah

Illustrasi: hallosehat.com