5 Kuliner Surabaya yang Patut dicoba

5 Kuliner Surabaya yang Patut dicoba

Jika saat ini kamu tengah berkunjung ataupun berencana menghabiskan akhir pekan di kota Surabaya jangan lupa sempatkan untuk icip-icip beberapa makanan yang sangat ikonik ini Gengs. Berikut 5 rekomendasi kuliner Surabaya yang bisa kamu coba.

 

1. Sate Klopo Ondomohen

Sate yang satu ini sangat terkenal di kalangan arek-arek Suroboyo loh Gengs. Selain citarasa yang berbeda dengan adanya baluran kelapa parut pada setiap tusuknya, sate ini juga sudah melegenda sebab sudah berdiri sejak 1945.

Lokasi sate klopo ondomohen terletak di Jalan Walikota Mustajab No 35 Surabaya. Kedai ini menyediakan banyak menu yang ditawarkan mulai dari sate ayam, sapi maupun jeroan dengan harga yang pas dikantong.

 

2. Rawon Kalkulator

Nama rawon satu ini cukup unik yakni rawon kalkulator. Destinasi kuliner ini telah berdiri sejak tahun 1975. Penyematan kalkulator memiliki cerita tersendiri dari sang penjualnnya yang memiliki kecepatan menghitung bak kalkulator Gengs. 

Rawon dengan isian kuah hitam dan potongan daging yang lembut di patok dengan harga Rp 25.000 per porsinya. Lokasi rawon kalkulator terletak di Taman Bungkul Surabaya.

 

3. Soto Ayam Cak To Undaan

Soto ayam yang telah berdiri sejak 1956 ini cukup legendaris, Gengs. Dengan citarasa yang tidak berubah soto ayam undaan mampu menghabiskan hingga 1000 porsi setiap harinya.

Kenikmatan kuah soto yang dipadukan dengan suwiran ayam, koya dan komponen tambahan lainnya seperti telor muda atau uritan dipatok dengan harga mulai Rp 12.000.

Lokasi soto ayam undaan terketak di Undaan wetan Gang ngempalak, Surabaya.

 

4. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap menjadi salah satu makanan yang sangat khas Surabaya maupun Jawa Timuran. Salah satu lontong balap yang legendaris yakni lontong balap pak gendut. Istilah balap sendiri berasal dari sang pedagang yang dulunya ketika berjualan memikul dagangan dengan berjalan cepat bak pembalap.

Campuran potongan lontong, tahu goreng, toge dan lentho dipatok dengan harga Rp 15000 per porsinya.

Lontong balap pak gendut terletak di Jalan Prof.Dr.Moestopo No 11, Tambaksari-Surabaya.

 

5. Nasi Bebek Palupi

Nasi bebek menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke surabaya. Nasi bebek palupi menjadi salah satu nasi bebek yang sangat terkenal.

Dengan harga mulai Rp 15000 kita sudah dapat menikmati seporsi nasi, bebek goreng, sambal beserta lalapan dengan porsi yang mengenyangkan.

Lokasi nasi bebek palupi terletak di Rungkut asri tengah No 10, Surabaya.