5 Perayaan Tahun Baru Yang Dapat Dirayakan Di Indonesia

5 Perayaan Tahun Baru Yang Dapat Dirayakan Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang ditakdirkan oleh Allah SWT dengan bermacam keistimewaan, pertama dari kesuburan tanahnya dan sumber daya alam yang begitu amazing dari laut, darat dan udara; kedua berbagai macam tambang ada di Negara ini; ketiga bagi para pecinta alam Indonesia merupakan destinasi wisata yang tak terlupakan; keempat beragam bahasa, suku, budaya dan agama. Hingga negara-negara Barat ingin memiliki kekayaan negara kita ini.

 

Mengingat hal tersebut, tanggal 11 September 2018 ini juga bertepatan dengan tahun baru Hijriah atau tahun baru islam. Nah kali ini kita akan melihat keistimewaan Indonesia dari segi perayaan tahun baru di Negara kita tercinta ini, sebagai berikut :

 

Tahun Baru Islam

Sebagai umat Islam, penulis sangat menantikan tahun baru Hijriah karena suasana perayaan cukup meriah walau dapat dikatakan tidak semeriah tahun baru masehi. Namun yang sangat dinantikan adalah ketika malam tahun baru banyak pengajian-pengajian yang diselenggarakan disetiap kampung. Banyak juga penceramah yang diundang dari luar daerah hingga sengaja dihadirkan dari luar negeri untuk memberikan tausiah-nya. Setelah pengajian selesai dilanjut dengan arak-arakan obor dengan shalawat nabi yang serentak diucapkan. Dan paginya diadakan karnaval keliling kota/kabupaten.

 

Bulan dalam penanggalan Hijriah juga berjumlah 12 bulan, yaitu : muharram, safar, rabiul awal, rabiul akhir, jumadil awal, jumadil akhir, rajab, sya’ban, Ramadhan, syawal, dzulkaidah dan dzulhijjah. Nah tahun baru Islam tepat pada tanggal 1 Muharram.

 

Tahun Baru masehi

Kalau untuk tahun baru ini kita tidak asing lagi, bahkan dirayakan hampir seluruh dunia. Biasanya tahun baru ini dirayakan oleh umat katholik dan kristen dan serangkaian acaranya juga dipersiapkan sejak bulan Desember dan bebarengan dengan hari Natal yang tepat dirayakan pada tanggal 25 Desember. Kemeriahan perayaan tahun baru ini juga dimeriahkan dengan pesta kembang api pada pertengahan malam pergantian tahun yaitu pada pukul 00.00.

 

Penulis sempat menyaksikan dilayar kaca pesta kembang api yang diadakan di Paris, Perancis. Dari puncak menara eiffel sampai kebawah membentuk berbagai macam formasi kembang api, sangat cantik sekali.

 

Tahun Baru Saka

Tahun baru saka tak lain adalah hari raya nyepi bagi umat Hindu, di Indonesia khususnya di Pulau Dewata Bali, tahun baru ini dirayakan dengan tanpa kegiatan sekecil apapun. Umat Hindu menghentikan semua kegiatan seperti bekerja, berdagang, belajar ke Sekolah dan kegiatan lain, sehingga jalanan di Bali ketika memperingati hari raya nyepi tidak ada kegiatan yang turun ke jalan dan kota benar-benar sepi.

 

Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

Sumber : diolah dari wikipedia

 

Tahun Baru China

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī yang berarti "malam pergantian tahun". Sumber : wikipedia

 

Perayaan imlek ketika pengalaman saya di Kota Pontianak, sangat meriah terutama jika kita berkunjung ke jalan Diponegoro, disana digelar acara pasar Imlek dan panggung pertunjukkan yang biasanya diikuti dengan perlombaan-pelombaan. Saat itu kebetulan tetangga saya ada yang merayakannya dan hampir setiap hari menyanyikan tembang-tembang berbahasa china yang saya tidak tahu apa artinya. Ya mirip-mirip jika mereka mendengarkan campur sari yang saya nyanyikan. Dan pada hari pergantian tahun dimeriahkan dengan pesta kembang api.

 

Tahun Baru Jawa

Karena penulis adalah orang jawa jadi saya juga akan menulis sedikit cerita tentang perayaan tahun baru jawa. Namun cerita ini sebenarnya dari rekan saya Kang Yulianto beliau dari kesatuan TNI AD yang juga mensupport kegiatan-kegiatan komunitas kepemudaan. Tahun baru Jawa diawali dari bulan Syuro namun seringkali bulan syuro ini dijadikan bulan mistis oleh beberapa kalangan, malah ada juga yang menjadikan bulan syuro sebagai tema film horror. Lebih angkernya pada malam 1 syuro.

 

Tapi tak salah juga, lain daripada yang lain, jika perayaan tahun baru diatas merayakannya dengan genggap gempita beberapa masyarakat jawa merayakan tahun baru Jawa dengan kegiatan jamasan keris pusaka, upacara tradisi kirab malam 1 Sura di Puro Mangkunegaran, Keraton Surakarta, Kota Solo, ada juga dibeberapa daerah yang memperingatinga dengan tradisi kungkum sungai didaerah Tugu Soeharto Semarang.

 

Penanggalan kalender Jawa yang diterbitkan Sultan Agung ini mengacu pada penanggalan Hijriah. Sehingga tanggal 1 Suro ini dilaksanakan bertepatan dengan tahun baru hijriah 1 Muharram. Sumber : CNN

 

Penulis: Budi Cesar