Alasan Anak Muda Zaman Now Harus Mencintai Kesenian Tradisional Indonesia

Alasan Anak Muda Zaman Now Harus Mencintai Kesenian Tradisional Indonesia
Alasan Anak Muda Zaman Now Harus Mencintai Kesenian Tradisional Indonesia
Alasan Anak Muda Zaman Now Harus Mencintai Kesenian Tradisional Indonesia

Bukan rahasia umum lagi jika kesenian tradisional Indonesia mulai ditinggalkan oleh generasi muda di negeri ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya gempuran budaya luar yang massif juga ikut mempengaruhi pudarnya rasa cinta terhadap kesenian tradisional sendiri.

Asal kalian tau guys, tanggung jawab untuk mengembangkan dan melestarikan warisan leluhur bangsa kita ini adalah kita, generasi muda. Bukan lagi mengandalkan pemerintah untuk melakukan itu semua.

Nah ini beberapa alasan kenapa kalian sebagai generasi muda harus mencintai kesenian tradsional warisan leluhur:

 

1. Kesenian Bangsa Kita Rawan Diklaim Milik Negara Lain

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki banyak sekali seni dan budaya warisan leluhur kita loh guys. Jadi sangatlah besar potensi negera lain mengklaim bahwasanya kesenian tersebut milikinya. Hal itu sudah bukan berita baru lagi, sudah banyakkan pemberitaan tentang warisan kebudayaan kita ini di klaim negera tetangga kita.

 

2. Kesenian Merupakan Kekayaan Budaya Kita

Coba jika barang milikmu dicuri orang, apa responmu dan apakah kamu akan marah? Begitupun dengan kesenian yang juga merupakan kekayaan kita sebagai bangsa Indonesia. Dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak muda terus mencintai kesenian tradional sendiri, dari pada kesenian asing yang cenderung tidak selaras dengan budaya arif bangsa kita.

 

3. Banyak Orang Asing Yang Menekuni Kesenian Tradisonal Kita

Banyakkan kalian mendengar atau melihat berita jika ada orang asing yang menekuni kesenian tradisional kita, dan tak sedikit yang mengenyam pendidikan jurusan kesenian tradisional Indonesia ini. Nah dilihat dari situ kita sudah dapat menilai jika orang asing itu telah jatuh cinta pada kesenian tradisional bangsa kita. Jadi seharusnya kita sebagai generasi muda malu pada orang asing itu, juga harus lebih mencintai, melestarikan, dan mengembangkannya agar kebudayaan kita tetap lestari dan kelak anak cucu kita tidak lupa akan jati diri bangsanya sendiri.

 

Nah, itu beberapa point kenapa kita sebagai generasi muda harus lebih mencintai kesenian tradisional kita sendiri melebihi kesenian dan budaya asing. Soo,,jangan sampai setelah diklaim negera lain baru kita teriak maling..oleh karena itu coba mulai dengan mengenal dahulu jika belum mengenalnya.