Apa sih yang membuat STMJ di Mojokerto beda?

Apa sih yang membuat STMJ di Mojokerto beda?

Kalau di Makassar ada yang namanya Saraba sebagai minuman tradisional daerah tersebut, lain halnya di Jawa sebagian pulau jawa mengenal minuman yang bernama Susu Telur Madu Jahe atau lebih akrab dikenal dengan sebutan es te em je.

Tepatnya di Kota Mojokerto kala itu malam begitu dingin sehingga hati ini butuh kehangatan. Mau ngopi nampaknya lambung juga kurang bersahabat, alhasil saya menghampiri kedai kecil milik Cak Viki di daerah Puri. beliau menjual susu telur madu jahe.

 

 

Saya pikir racikan dari cak viki ini sama hal nya dengan kedai-kedai stmj pada umumnya. Namun setelah benar-benar saya amati pemilik kedai firzha stmj ini tidak menggunakan susu kental manis atau skm dan jahe instan seperti halnya stmj pada umum nya.

Viki, pemilik kedai tersebut berkata "stmj jika dicampur dengan susu sapi asli lebih bercita rasa, kalau pakai skm rasanya kurang pas". Yang pasti saya heran dengan keterangan tersebut, jarang lho pemilik kedai yang mengutamakan rasa dan kualitas ya kan?

Cara menyediakannya pun berbeda dengan rata-rata kedai stmj lain, yang hanya mencampur susu telur madu jahe dalam satu gelas lalu diaduk layaknya membuat minuman teh atau jeruk. Nah, terasa beda stmj milik lelaki yang sudah 10 tahun menekuni bidang meracik stmj ini, sebelum nya telur yang hanya diambil kuningnya saja kemudian dicampur dengan madu lalu dikocok kuat sampai merata, setelah beberapa kali kocokan baru susu segar dan air jahe panas dicampur jadi satu dan diaduk perlahan hingga merata.

Kalau stmj di kedai-kedai pada umumnya kita tahu lah mereka memakai stmj bubuk instan, ada juga yang meracik tapi semua instan, dari susunya, jahe bubuk instan madunya pake madurasa, bener nggak sih?

 

Gengs, ternyata tidak hanya kedai firzha aja lho yang meracik stmj lain daripada yang lain, hampir setiap kedai stmj di Mojokerto meracik dengan tahapan yang sama. Dan di sini tidak dikenal bahan instan, tidak pakai SKM, tidak pakai jahe instan dan tidak pakai madu yang ada diiklan tivi, telurnya pun pakai telur ayam kampung. Sooo, bagaimana stmj di kota kalian?

Oh iya ada hal lucu yang sempat saya tanyakan, ketika itu saya gagal fokus dengan putih telur yang sudah hampir terisi satu toples penuh, saya tanya "putih telurnya buat apa?" tak segan pria asli mojokerto ini menjawab, "biasanya dari anak-anak gym yang ambil untuk dikonsumsi mentah", wahahahaha...mantab

Nah, Gengs, gimana kalau ada kesempatan main ke Mojokerto jangan lupa mampir ke kedai-kedai stmj yak!