Ballona Beach, Pantai Pasir Putih yang Tersembunyi

Ballona Beach, Pantai Pasir Putih yang Tersembunyi

Berlibur di Sumbawa tak akan komplit tanpa mendatangi desa wisata Lab. Kertasari, Gengs. Desa yang terkenal dengan pantai pasir putih yang indah.

Dengan pemandangan pulau Lombok beserta gunung Rinjani yang menjulang tinggi seolah memberi kemewahan  pandangan mata. 
 

Laut yang jernih biru membuat lukisan alam yang sempurna. Sepanjang hampir 1 km pasir putih memanjakan kaki untuk menapaki, dengan jilatan ombak yang lembut, kita dapat bersantai sejenak dari rutinitas. 
 

Untuk mencapai desa Lab. Kertasari kamu dapat melalui dua jalur. Melalui kota Taliwang atau langsung dari pelabuhan Tano. Jalan yang dilalui sudah jalan aspal sehingga kendaraan tidak mengalami kesulitan berarti menuju kesana loh Gengs. 
 

Jika tidak mempunyai kendaraan pribadi kamu juga dapat menyewa ojek yang banyak berlalu lalang di kota Taliwang ataupun di pelabuhan Tano. Hemm kalau soal ongkos harus berani menawar kisaran harga Rp. 20.000 – 30.000. Jika ingin menginap, ada hotel dan homestay di pinggir pantai. Namun, jika ingin murah dapat mencari hotel di Taliwang.
 

Pantai Balonna merupakan pantai pasang surut sehingga harus pandai-pandai melihat waktu untuk dapat menikmati debur ombak Gengs. Saat air laut surut kamu dapat melihat patok-patok untuk menanam rumput laut. Masyarakat Desa Lab. Kertasari sebagaian besar petani rumput laut maka akan kita jumpai rumput laut yang sedang dijemur di pinggir jalan.
 

Pantai Ballona menawarkan pasir putih yang yang eksotis. Butiran pasirnya pun bervariasi, dari yang halus sampai butiran besar. Tak perlu khawatir untuk urusan perut, kamu dapat menjajal makanan di warung-warung makan yang tersedia sekitaran pantai. Untuk yang menyukai olahraga berselancar ada beberapa spot berselancar. Namun, untuk mencapai spot-spot tersebut lebih baik kita hubungi guide lokal. 
 

Saat bulan-bulan tertentu setiap tahunnya ada acara tahunan Bau Nyale, walaupun tak semeriah di tempat asal muasal cerita Nyale, namun Ballona Beach menjadi salah satu tujuan pemburu nyale selain pantai di Sekongkang. Saat waktunya nyale keluar masyarakat pencinta nyale akan mendirikan kemah darurat ataupun menginap dimobil-mobil agar tidak ketinggalan mencari nyale yang dimulai saat matahari belum terbit.
 

Tak akan kecewa bersantai sejenak menikmati alam Sumbawa Barat Gengs. Pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Lombok serta jauh dari keriuhan kota membuat kita dapat dengan puas melepas penat. 
 

Semoga pengelolaan Ballona Beach semakin tertata dan membuat wisatawan semakin ramai berkunjung. Namun jangan sampai lupa satu hal, buang sampah di tempat sampah atau bawa pulang sampahmu!