Bekerja Tidak Harus Sesuai Passion. Ini Alasanya.

Bekerja Tidak Harus Sesuai Passion. Ini Alasanya.

Foto via bloghuongnoi.com/

 

Bekerja adalah keinginan semua orang yang sudah lulus pendidikan, baik yang hanya sampai Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan, ataupun para sarjana baru. Terkadang kita bingung akan bekerja sebagai apa setelah lulus? Mungkin lowongan pekerjaan banyak tersedia dan sekarang juga banyak situs atau akun media sosial yang menyediakan lowongan pekerjaan. Masalahnya Gengs bukan di mana-mananya. Tapi di kamunya sendiri ko.

Apa kamu langsung akan mencoba jika ada lowongan tersebut? Atau masih mikir, ini sesuai passion ku gak sih, atau ah lowonganya gak sesuai dengan jurusanku. Gengs, mencari pekerjaan untuk di awal  tidak harus milih-milih, iya kalau yang kamu inginkan akan tercapai, kalau tidak bagaimana? Jika kamu baru lulus, di bawah ini bebrapa alasan kenapa bekerja tidak harus sesuai passion terutama buat kamu yang baru lulus:

 

1. Anggap Aja Pekerjaan Awalmu Untuk Mencari Pengalaman

Foto via fstoppers.com/

Sangat penting buat kamu yang baru lulus adalah pengalaman, banyak perusahaan swasta mencantumkan minimal pengalaman bekerja di persayaratanya. Walaupun pekerjaan yang akan kamu pilih tidak sesuai passionmu, namun cobalah berfikir terbuka, minimal dengan kamu mencoba pekerjaan itu, kamu akan mendapatkan pengalaman di dunia kerja. Dunia kerja seperti apa dan tentunya akan menambah relasimu.

 

2. Sebagai Batu Loncatan Untuk Bekerja Sesuai Passionmu

Foto via http://www.cirebonmedia.com

Terkadang dalam bekerja kita butuh batu loncatan, terutama untuk mencapai tempat kerja yang sesuai passionmu. Kenapa bisa demikan, karena dalam dunia kerja selain akan mendapatkan pengalaman, juga akan mendapatkan teman, relasi dan tentunya gaji untuk menyambung hidup, Gengs.

 

3. Passionmu Bisa Menjadi Side Jobmu

Foto via https://lifehacker.com/

Nah ini, jika sudah nyaman dengan pekerjaanmu walaupun tidak sesuai passion dan ingin passionmu tetap bisa kamu jalankan ya dengan dijadikan menjadi freelance yang sesuai passionmu atau jika passionmu berkarya di audio visual kamu bisa menjadi youtuber dan masih banyak lagi. Dengan demikian passionmu akan terus terasah. Dan kamu juga memiliki skill lainnya. Please, jangan mau berhenti di satu gaya, Gengs. Kamu sangat istimewa memiliki banyak keahlian.

 

4. Passionmu Tidak Menjamin Karirmu

Illustrasi via https://pro-m.net/

Terkadang passion yang kita miliki ketika sudah di dunia kerjaan tidak menjamin karirmu akan bagus sesuai yang kamu inginkan. Justru malah yang tidak terduga itu lho yang kadang membesarkan namamu.

 

5. Passiomu Belum Tentu Menjamin Gajimu Akan Besar
Ilustrasi gaji - KCM/ZEST MARINA

Tidak sedikit ketika sudah bekerja sesuai dengan passionya hasil, tentunya gaji tidak sesuai dengan harapan atau bayangan pada awal mendaftar bekerja di tempat yang menurutmu (ini passionku banget). Terus, apa passionmu Gengs?

Itu bebrapa alasan kenapa kerja tidak harus sesuai dengan passionmu, Gengs. Realistis saja dengan apa yang kita inginkan demi menyambung hidup.