Bersih Pantai Menghadap Laut

Bersih Pantai Menghadap Laut

Reviens Media, Mempawah - Pantai Kijing, Mempawah, Kalimantan Barat pada hari Senin sore 19 Agustus 2018 lalu sangat ramai pengunjung. Pengunjung ini bukan sembarang pengunjung, namun mereka merupakan peserta kegiatan Bersih Pantai Menghadap Laut. Kegiatan ini diadakan serentak 73 titik pantai seluruh Indonesia, salah satunya pantai Kijing, Mempawah.

 

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari memperingati 73 tahun kemerdekaan Indonesia. Pantai Kijing merupakan salah satu destinasi wisata kelautan yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Pantai yang berpasir putih dan dinaungi jajaran pohon kelapa di sepanjang pantai membuatnya sangat indah.  Pantai tidak pernah sepi dari sampah, entah itu sampah dari pengunjung atau sampah yang dibawa oleh arus laut.

Bersih pantai ini diprakarsai oleh Pandu Laut Nusantara bersama dengan Eci Nusa. Pandu Laut Nusantara merupakan organisasi berbasis komunitas yang dibentuk oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Putjiastuti untuk mempersatukan komunitas-komunitas pecinta laut seluruh Indonesia.

 

Peserta bersih pantai terdiri dari komunitas-komunitas pecinta laut seperti Seasolder Pontianak, 1000 Guru Pontianak dan Oi Pontianak komunitas ini disupport oleh BPSPL Pontianak serta Ibu mentri Kelautan dan Perikanan Susi Putjiastuti serta siswa-siswa dari beberapa sekolah menengah atas sekitar pantai Kijing, tidak ketinggalan juga dari pihak kepolisian dan TNI setempat.

Kegiatan bersih pantai menghadap laut dimulai pukul 15.30 sore hari. Semua peserta saling bergandengan tangan menghadap laut kemudian menyanyikan lagu Bagimu Negeri, kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih pantai oleh seluruh peserta.Peserta saling bekerja sama membersihkan pantai dengan membawa karung atau plastik yang bisa menjadi tempat sampah sementara untuk dibawa berkeliling.

 

Kegiatan ini berlangsung sore hari ini menguntungkan para peserta karenacuaca terasa tidak terlalu panas. Peserta membersihkan seluruh bagian pantai yang berpasir putih ini. Setelah sampah terkumpul, truk sampah sudah siap membawa sampah-sampah pantai untuk dibuang ke TPA setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta pada laut serta mau menjaga kelestarian laut Indonesia. Dengan menanamkan rasa cinta dan kemauan menjaga kelestarian laut, masyarakat lebih teredukasi untuk mau memperhatikan lingkungan pantai yang juga tempat mencari rezeki masyarakat setempat.

 

Dengan terjaganya kebersihan di lingkungan pantai, membuat pengunjung pantai lebih nyaman berkunjung. Hal ini juga dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat sekitar, juga berpengaruh pada kelestarian biota laut.