Bulan Kemerdekaan, Perayaan Penikmat Hasil Kemerdekaan

Bulan Kemerdekaan, Perayaan Penikmat Hasil Kemerdekaan

Kini kita telah sampai di bulan Agustus, bulan yang tentu sudah dikenal seluruh warga negara Indonesia sebagai bulan kemerdekaan bangsa. Pada tanggal 17 Agustus 1945 dahulu kala, Presiden Ir.Soekarno mengumandangkan proklamasi sebagai simbol kemerdekaan RI,dan bendera merah putih pun berkibar dengan gagahnya.

 

Akan tetapi,di balik puncak kemerdekaan RI, kita harus menebusnya dengan ribuan nyawa pahlawan yang telah gugur demi bangsa ini. Mereka yang berjuang, bahkan merelakan nyawa mereka demi kemerdekaan bumi pertiwi, dan jasa mereka bahkan masih kita nikmati sampai saat ini.

 

Miris...sedih...memang jika harus napak tilas ataupun mengupas kembali setiap peristiwa-peristiwa mengharukan saat para pahlawan berjuang bertempur melawan penjajah yang kejam demi sebuah kemerdekaan.

 

Bagaimana tidak, mereka harus kehilangan anak, suami, ayah dan sanak saudaranya dalam sebuah pertempuran. Mereka yang berdiam diri di rumah tak sedikitpun bisa merasakan hidup tenang, makan tidurpun tak tenang, karena penjajah bisa datang sewaktu waktu, bahkan timah panas bisa sewaktu waktu menembus jantung mereka. Tak bisa saya bayangkan jika saya berada dalam posisi mereka kala itu.

 

Semoga Tuhan menempatkan arwah para pahlawan di tempat terbaik, serta diampuni semua kesalahan dan dosanya. Satu lagi, semoga para generasi penerus bangsa Indonesia senantiasa ingat akan jasa dan perjuangan mereka. Hanya untuk sekedar "ingat", tentu itupun sudah membuat mereka bahagia.

 

Para generasi penerus bangsa tercinta, semoga kalian bisa mempertahankan kemerdekaan yang telah mereka capai selama ini. Memang itu hal yang tidak mudah, tapi setidaknya kalian tidak merasakan bagaimana rasanya hidup dalam ketakutan, hidup dalam kelaparan, penyiksaan, dan semua yang mereka alami dahulu.

 

Maka...teruskanlah perjuangan mereka, buatlah mereka bangga dengan mensukseskan serta mensejahterakan bangsa ini. Kalian juga bisa ikut berpartisipasi  membangun bangsa ini dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Dalam dirgahayu kemerdekaan ke 73 tahun ini, tentu seluruh warga negara Indonesia tengah disibukkan dengan persiapan menyambut perayaan kemerdekaan RI. Berbagai jenis lomba biasa diadakan untuk segala kalangan dan usia. Hal ini adalah salah satu bentuk partisipasi anak-anak, remaja dan para orangtua merayakan ulang tahun kemerdekaan bangsa yang sudah rutin dilakukan masyarakat setiap tahun di seluruh pelosok tanah air.

 

Berbagai jenis perayaan tentunya menyimbolkan perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Selain perayaan yang sangat meriah di seluruh pelosok tanah air, sangat diharapkan jika masyarakat Indonesia tidak lupa untuk mengheningkan cipta, berdoa untuk arwah pahlawan, juga mengingat kembali jasa mereka.

 

Jangan sampai kita menjadi penikmat kemerdekaan yang tidak tau diri, tidak tau berterima kasih. Kita harus ingat, siapa yang membuat bangsa ini merdeka, yang membuat kita bisa makan enak, tidur nyenyak. Semua itu berkat perjuangan pahlawan pahlawan bangsa. 

 

Semoga kedepannya negara ini menjadi negara yang lebih maju, lebih baik moral warga negaranya, lebih sejahtera rakyatnya, lebih aman wilayahnya, dan lebih bisa menghargai jasa pahlawannya.amin

 

Sorce Foto: http://jeffriegeovanie.id