Ciri-ciri Orang Impulsif, Jangan-jangan Kamu Salah Satunya!

Ciri-ciri Orang Impulsif, Jangan-jangan Kamu Salah Satunya!

Foto: unsplash.com/@andrewtneel

 

Apakah kamu pernah menemukan orang yang gampang banget ambil keputusan tanpa mikirin konsekuensinya? Atau jangan-jangan itu kamu! Ups, tau gak sih pribadi kayak gini tuh bisa disebut dengan impulsif lho. Iya impulsif, seseorang yang bertindak sesuai kata hatinya sendiri tanpa pikir panjang.

 

Nah, biasanya perilaku impulsif sering terjadi pada anak-anak muda. Tapi, gak menutup kemungkinan juga bahwa orang dewasa juga sering berperilaku impulsif juga, lho! Untuk lebih jelasnya, yuk cek tanda-tanda umum orang impulsif :

 

1. Mudah Emosi

Biasanya nih Gengs orang impulsif gampang banget terpancing emosi pas lagi kita ajak basa-basi, alias pas lagi obrolan ringan. Entah kenapa orang impulsif mudah terjebak dalam perdebatan dengan seseorang.

 

2. Aneh

Definisi aneh mungkin sangat luas, tapi aneh dalam ciri orang impulsif bisa dikatakan seperti membuat orang heran dengan keputusan yang diambilnya. Banyak orang yang bertanya-tanya atas tindakan yang diambilnya dalam menghadapi sesuatu. Tapi memang biasanya, orang impulsif cenderung mengambil keputusan berdasarkan pilihan dan  kemauannya sendiri. Gitu Gengs!

 

3. Menyesal dengan keputusan yang telah dibuat

Nah, ini Gengs! Efek samping jadi orang impulsif. Karena terlalu terburu-buru dalam menghadapi sesuatu dan tidak mempertimbangkan konsekuensinya terlebih dahulu, akhirnya menyesal deh, jika ekspektasinya berbanding terbalik dengan realita.

 

4. Bersikap masa bodoh

Bersikap masa bodoh juga menjadi salah satu ciri-ciri orang impulsif,lho! Jika orang impulsif ini menyesal dengan keputusan yang telah mereka ambil, mereka gak bakal sedih berlarut-larut gengs!. Ya istilahnya kayak yaudahlah ya,let it flow aja.

 

5. Berani

Tapi tahu gak Gengs! Dunia ini kerasa hampa banget tanpa ada orang impulsif. Dan mungkin akan banyak rencana yang gitu-gitu aja atau bisa dibilang gak berkembang. Percaya atau nggak, dalam memutuskan sesuatu atau tindakan kita butuh keberanian. Termasuk menanggung semua resikonya. Mungkin mengambil keputusan berdasarkan feeling atau firasat hati sering dianggap gak wajar, belum lagi kalo ngambil keputusannya out of the box. Tapi orang impulsif melakukan hal itu! Sometimes, emang kita harus menjadi impulsif biar nggak di comfort zone  terus Gengs!. Tapi jangan lupa diimbangi dengan mikir juga ya sebelum memutuskan sebuah hal

 

Di setiap sisi buruk seseorang pasti selalu ada sisi baik yang bisa kita ambil. Namanya juga manusia, pasti ada sisi baik dan buruknya masing-masing. Begitu juga dengan impulsif, ada sisi positif yang bisa kita ambil, yaitu berani mengambil keputusan. Dan jarang banget orang punya keberanian untuk mengambil keputusan , lho Gengs!