Citarasa Makanan yang Bernama Klemet

Citarasa Makanan yang Bernama Klemet

Di nusantara ini banyak sekali makanan tradisonal yang sudah eksis dan banyak orang tahu mengenai rasa serta bentuk makanan itu. Namun, tak sedikit juga yang tidak mengetahui makanan-makanan tradisional dari seluruh penjuru nusantara ini. Memang hal ini didasari oleh banyaknya makanan khas nusantara, terlebih jika makanan tersebut tidak diekspose oleh media atau pemerintah mempublikasikannya.

 

Nah salah satunya lemet atau orang jawa sering menyebutnya dengan klemet. Apakah kalian tahu makanan tradisional ini dan dari mana asalnya.

 

Lemet adalah nama makanan atau kue tradisional yang terbuat dari singkong yang diparut halus kemudian dicampur dengan gula merah. Kue tradisional ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Biasanya ditambah sedikit garam dapur halus untuk menambah rasa gurih. Pokoknya mantep, rasanya tidak kalah dah dengan panganan moderen.

 

Lemet ini berbentuk bulat panjang seperti lontong yang dibungkus dengan daun pisang. Kedua ujungnya tidak disemat dengan sapu lidi atau tusuk gigi, namun kedua ujungnya hanya dilipat saja.

 

Apakah makanan ini merupakan makanan khas Jawa Tengah saja? Saya kira makanan ini nggak terpatok oleh daerah mana asalnya. Di kampung ibuku Purworejo orang mengenal makanan ini dengan klemet. Sedangkan di Madura kampung ayahku, ada juga makanan ini. Memang bentuknya tidak hanya lonjong saja, namun menurut ibuku di sana bentuknya ada yang segitiga dan dihidangkan dengan kuah gula. Ternyata orang Jakarta juga cukup banyak yang megetahui makanan ini. Apakah anda juga tahu makanan ini?

 

Nah buat kalian yang ingin mencoba membuat, bisa cari di google dan ternyata cukup banyak resep makanan yang terbuat dari singkong ini.