Coba Cara ini Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Coba Cara ini Untuk Mengatasi Nyeri Haid
Ilustrasi endometriosis. Getty Images/iStockphoto

 

Buat kamu kaum Hawa, nyeri haid mungkin sudah tidak asing lagi. Sebanyak 30-50% ternyata mengalami nyeri haid yang luar biasa. Nyeri haid adalah rasa atau sensasi nggak enak atau gak nyaman yang dirasakan selama haid, terutama di perut bagian bawah. Rasa ini bisa mengganggu aktivitas selama beberapa jam hingga berhari-hari dan terkadang memerlukan penanganan segera oleh Dokter.


Nah, kalian bisa melakukan terapi murah ini Guys:


1. Beraktivitas fisik

Saat menstruasi, kamu mungkin cenderung lebih ingin bermalas-malasan di tempat tidur. Namun, olahraga ringan sebenarnya dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perutmu. Tentunya kamu bisa memilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat, sehingga jogging ringan atau aerobik bisa jadi pilihanmu.

Saat berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang Anda alami.

 

2. Mengompres perut

Kamu dapat mencoba mengompres perut dengan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan akan membantu merelaksasi otot uterus yang berkontraksi sehingga menimalisir rasa sakit. Atau kamu bisa mencoba mandi berendam air hangat untuk merelaksasi seluruh bagian tubuh. Mudah'kan?


3. Menghindari makanan dan minuman yang memperparah nyeri haid

Makanan berlemak, soda, alkohol merupakan jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari, Guys. Makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan kembung dan resistansi air dalam tubuhmu sehingga memperparah nyeri haid.

Selain itu, kafein juga termasuk salah satu yang perlu kamu hindari. Kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda, dan cokelat dapat memperparah kram dan tegang pada perut. Begitu juga konsumsi gula yang biasanya terdapat pada makanan dan minuman berkafein. Kalian dapat mengganti kopi dan teh dengan minuman jahe atau lemon hangat. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan.

Nah, Guys itu beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid, namun kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia. Salah satunya ya Essensial Oil guys. Selain praktis, minyak ini adalah kosentrat alami yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Dan untuk nyeri haid kamu dapat mencoba Essensial Oil Lemongrass. Ini hanya sekedar saran ya! Jika kalian memiliki obat alami yang lebih ampuh Monggo aja!