Dieng Plateau Theater, Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Wonosobo!

Dieng Plateau Theater, Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Ke Wonosobo!

Geng kali ini saya punya referensi nih, untuk liburan kalian. Sebuah wisata edukasi yang recomended buat semua kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Tarrraaa Dieng Plateau Theater, namanya.

Dieng Plateau Theater adalah destinasi wisata buatan yang berada di kawasan Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan merupakan gedung pertunjukan film dokumenter yang dibangun diatas daerah perbukitan bagian atas Telaga Warna. Pembangunannya adalah hasil pemikiran dari H.Mardiyant, Gubernur Jawa Tengahkala itu.

Kemudian didirikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo bersama pihak terkait. Hingga pada akhirnya diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008 lalu dengan tujuan untuk mengembangkan objek wisata Dieng. Destinasi wisata ini adalah sebuah gedung bioskop yang mempertontonkan film dokumenter mengenai Dieng, guys…

Dengan Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000,- kamu sudah bisa menikmati wisata edukasi tentang sejarah Kawasan Dieng. Buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Guys.. Bangunan dari Dieng Plateau Theater cukup megah, kokoh, dan unik karena bergaya klasik berundak-undak. Kapasitas pengunjung kurang lebih 100 orang. Lokasinya tidak jauh looh dari destinasi wisata utama di Dieng lainnya.

Yang dipertontonkan pada Dieng Plateau Theater meliputi awal mula terjadinya dataran tinggi Dieng, letak geografis, sejarah, peristiwa yang pernah terjadi di Dieng (meninggalnya beberapa warga akibat keracunan gas dari kawah), budaya masyarakat Dieng (Rambut Gimbal dan Barongan), sampai potensi Dieng (Kentang, Carica, Purwoceng, dll) dan akses ke Dieng. Naah, dengan pengetahuan ini sangat cocok untuk semua kalangan, bukan? Tentu saja, terutama untuk kalangan pelajar.

Seperti bioskop pada umumnya, para pengunjung disuguhkan dengan film dokumenter secara nikmat. Film dokumenter ditayangkan dalam durasi 23 menit dan diputar setiap ada pengunjung datang. Ketika pemutaran film sudah dimulai, selayaknya bioskop, lampu dimatikan. Lalu pintu utama ditutup. Jadi, pengunjung lain harus sabar menunggu untuk bisa menyaksikan dari awal lagi.

Sembari menunggu pemutaran ulang, pengunjung bisa menikmati pemandangan disekitar Dieng Plateau Theater yang sangat indah juga udaranya yang sejuk. Pengunjung juga bisa berswafoto disekitar Dieng Plateau Theater.

Nah, wisata edukasi ini sangat cocok untuk semua kalangan, bukan?

Lalu, kapan kamu kesini?