Filosofi Kehidupan yang Berharga dari Barmain Layang-Layang

Filosofi Kehidupan yang Berharga dari Barmain Layang-Layang

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang – layang

 

Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang

 

Hayo, siapa yang tahu judul lagu tersebut ? yang tahu coba tunjuk jari !
Saya bu .... ( di bangku sambil tunjuk jari ) 
Bu saya bu.... ( berdiri sambil tunjuk jari )
Bu saya tahu bu (loncat-loncat sambil tunjuk jari )
Tanpa dikomando langsung bersorak-sorak bersama-sama “ LAYANG-LAYANG” dengan antusias anak-anak menjawab hingga membuat gaduh suasana ruang kelas.

 

Itulah salah satu kenangan yang terlintas dalam ingatan kita, jika mendengar kata layang-layang. Suatu memori yang berharga dan tak terlupakan di masa kecil saat masih di Sekolah Dasar.

 

Yaps layang-layang, suatu jenis permainan masa kecil yang mayoritas anak-anak pasti pernah merasakan keseruannya. Tidak hanya anak laki-laki tetapi anak perempuan juga ikut andil dalam permainan ini.

Banyak hal lho yang bisa kita ambil pelajaran dari bermain layang-layang dalam kehidupan sehari-hari, apa saja itu?


Semahal atau semurah apapun bahannya, semua layang-layang bisa terbang
Kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk  menjadi yang terbaik di antara yang baik dalam hal apapun tanpa memandang latar belakang atau status sosial kita.


 
Rendah tingginya layangan terbang di udara, kitalah yang memutuskan
Cita-cita yang ingin kita raih tidak lepas dari usaha keras yang kita lakukan karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Jika usaha yang kita lakukan sepenuh hati hasilnya pun akan memuaskan. Sebaliknya jika usaha yang kita lakukan setengah-setengah hasilnya pun juga kurang memuaskan.

 


Semakin tinggi layang-layang terbang, semakin kencang angin yang menghembusnya
Ketika kita sudah berada pada posisi atau jabatan yang kita inginkan, terkadang banyak sekali rintangan, cobaan dan ujian yang datang menghiasi. Oleh karena itu kita harus siap untuk menghadapinya.

 


Bisa tidaknya layangan terbang tergantung angin, tempat dan situasinya
Cita-cita yang kita impikan bisa terwujud dengan usaha keras. Namun berdo’a juga jangan pernah kita lupakan, agar apa yang kita inginkan berjalan dengan lancar. Selain itu memasrahkan sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi atau menunggu hasil juga perlu, karena apapun usaha kita yang telah kita lakukan apapun hasilnya ada di tanganNya.

 


Layangan yang terbang tinggi di udara, terkadang lepas atau tersangkut 
Posisi atau jabatan yang kita miliki tidak selamanya ada digenggaman. Jika suatu saat diambilNya maka kita harus ikhlas untuk melepaskannya.Yakinlah akan ada hikmah di balik semuanya yang pasti lebih baik dari sebelumnya. Kita harus positive thingking tidak perlu bersedih terlalu lama karena semua sudah ada yang mengatur. Dialah yang Maha Mengetahui apa-apa yang tidak kita ketahui. Dialah yang mengetahui apa-apa yang terbaik untuk hidup kita.

 

Itulah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari bermain layang-layang. Jadilah layang-layang yang terbang tinggi dengan indah di udara dengan menjadi pribadi yang terbaik dan selalu mengingatNya dalam hal apapun.

Sekian, semoga bermanfaat. Aamiin

 

Penulis: Latifatu Zahro

Illustrasi: monster-bego.blogspot.com