Hujan, Berkah atau Musibah?

Hujan, Berkah atau Musibah?

Ketika hujan turun, pasti ada saja orang yang menyesali atau bahkan menghujat kedatangan hujan. Terutama orang orang yang memiliki kepentingan diluar rumah dan berharap cuaca cerah. Seperti misalnya para penjual es, tukang ojek, seorang siswa yang akan berangkat sekolah dan masih banyak lagi. Sebab jika datang hujan, maka akan mengurangi pendapatannya. Atau karena hujan jadi malas untuk beraktifitas.

 

Sebenarnya ini adalah pemikiran yang keliru, sebab turunnya hujan adalah sebuah berkah. Seperti firman Allah yang telah dijelaskan di dalam Al Qur’an.


Dia-lah yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya menyuburkan tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu” (QS 16:10)

 

Jelas sudah bahwa hujan adalah berkah dan rahmat yang diberikan oleh Allah untuk seluruh makhluk di bumi ini. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari turunnya hujan. Kita seharusnya bersyukur ketika turun hujan. Sebab bisa jadi dengan datangnya hujan ini, kita sebagai makhluk Allah yang lemah ini bisa terhindar dari kekeringan. Hujan inipun bisa menyuburkan pohon pohon yang berdiri tegar melawan matahari ketika panas, sehingga kita bisa merasakan nikmatnya berteduh dibawah pohon.

 

Hujan ini adalah Berkah, karena disaat turun hujan kita bisa berdoa. Nabi Muhammad SAW menganjurkan berdoa ketika hujan. Beliau bersabda bahwa ketika turun hujan adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Seperti yang kita ketahui jika kita berdoa diwaktu yang mustajab, doa kita akan dikabulkan oleh Allah.

 

Salah satu doa Rasullullah SAW adalah “Allahumma shoyyiban nafiaan” yang artinya “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat (untuk manusia, tanaman dan binatang).” (HR. AL-Bukhari)

 

Nah kita sudah tahukan, kalau Hujan ini adalah Berkah dari Allah dan bukan musibah bagi kita. Lalu apa yang harus kita lakukan jika terjadi hujan? Padahal disaat itu kita memiliki kepentingan diluar rumah. Sebaiknya disaat itu kita mengambil hikmah atas turunnya hujan tersebut.

 

Mungkin disaat itu Allah menyuruh kita untuk istirahat dirumah. Karena mungkin Allah lebih tahu, jika kita tetap bepergian disaat itu kita bisa terkena penyakit dan berbagai alasan lainnya. Mungkin lebih baik bagi kita menunda urusan diluar rumah sampai hujan berhenti.

 

Penulis : Umma MaryamZahidah

Illustrasi: Pixabay.com