Ini Yang Sebaiknya Kita Lakukan Ketika Direndahkan Orang Lain

Ini Yang Sebaiknya Kita Lakukan Ketika Direndahkan Orang Lain

Illustrasi: salemoaks.com

 

Ada buanyak sekali hal yang menyenangkan di dunia ini juga sebaliknya tak kalah banyak lagi  dengan hal menyakitkan. Salah satu hal yang menyakitkan adalah ketika kita direndahkan oleh orang lain alias dihina oleh orang lain.

Betul apa betul? Banyak sekali orang yang suka merendahkan orang lain. Mengapa? jelas karena merendahkan orang lain itu sangat mudah dilakukan. Apa lagi dengan seseorang yang tidak kita suka. Tapi sayangnya itu buka kebaikan gaes merendahkan orang lain itu sebuah keburukan. Sangat buruk. 

Nah gimana sih sebaiknya sikap kita atau tindakan yang harus kita lakukan saat menemui orang-orang di sekitar yang terkadang suka merendahkan kita?


1. Jangan Merendahkan Kembali Orang Yang Merendahkan Kita

Merendahkan orang lain sama saja dengan merendahkan diri kita sendiri. Yang perlu kita rendahkan adalah hati kita, agar menjadi pribadi yang rendah hati. Bukan merendahkan diri kita apalagi dirinya orang lain.

So, jika suatu saat kita direndahin sama seseorang, jangan dibalas dengan merendahkan kembali dia yah… 


2. Tak Perlu Merasa Teraniaya

Saat kita direndahin seseorang, jangan langsung down dan menjadi terpuruk. Lantas merasa terdzolimi atau teraniaya. Tak perlu seperti itu, Gaess. Merasa teraniaya hanya akan membuat diri menjadi lemah.

Merasa teraniaya hanya akan membuat kita merasa benar dan tidak pantas mendapat perlakuan seperti itu. Yang seharusnya kita lakukan adalah memaafkan. Memaafkan dia yang merendahkan kita. Sekalipun dia tidak pernah meminta maaf.

Kalo yang ini sih sedikit susah ya, Gaes. Memberi maaf orang yang meminta maaf aja kadang-kadang terasa berat. Apalagi memberi maaf dia yang tidak meminta maaf. Tapi, berusalah. Yakin. Pasti bisa. 


3. Sabar dan Ikhlas

Bersabar dan ikhlas menjadi pilihan terbaik yang mau tidak mau harus kita lakukan saat direndahkan oleh orang lain. Hati harus dilatih agar terbiasa memiliki rasa ikhlas dan sabar yang luas tanpa batas agar mampu menampung segala rasa dalam hidup.


4. Berdo’a Untuk Kebaikan Orang Yang Merendahkan Kita

Terakhir adalah berdo’a. Saat kita direndahkan oleh orang lain, berdoalah untuk kebaikan mereka. Meski kita dongkol, kesal dan kecewa saat direndahkan orang lain, jangan pernah membalas mereka dengan keistimewaan do’a-do’a orang teraniaya akan diijabah Tuhan.

Jika kamu ingin menggunakan keistimewaan itu, maka gunakanlah untuk hal yang positif. Berdo’alah yang baik-baik saja. Bukankah Tuhan juga tidak akan mengabulkan do’a yang buruk.  

Tenang ajah, Gaes. Tuhan Maha adil. Kita tak perlu repot-repot membalas atau membuat perhitungan dengan mereka. Sibukkan diri dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Berdo’alah agar kebaikan - kebaikan itu berpulang kembali kepada kita. Amiin….


Begitulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghadapi orang-orang yang suka merendahkan kita. Pesan saya untuk diri saya sendiri dan juga kalian semua gaess jangan pernah merendahkan orang lain, selayak apapun orang itu untuk direndahkan. Karena pada hakikatnya kita tak memiliki hak untuk merendahkan orang lain. Setiap orang itu unik dengan keistimewaannya masing-masing.

So, hargai orang lain. Hormati orang lain. Dengan begitu kamu juga menghargai dan menghormati dirimu sendiri.