Istriku Hamil, Aku Harus Ngapain Ya?

Istriku Hamil, Aku Harus Ngapain Ya?

Lahirnya anak, si buah hati hasil dari pernikahan adalah sebuah moment yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan. Ada rasa senang, deg degan, khawatir atau bahkan rasa takut dalam hati yang bercampur aduk menjadi satu tak karuan. Kita sebagai calon orang tua baru tentu akan merasa kebingungan apa yang harus kita lakukan.

Nah apakah setiap pasangansudah tahu bagaimana menghadapi kehamilan sang istri? Pasti masih banyak yang merasa kebingungan kan? bagaimana cara menghadapi kehamilan istri dan menanti kedatangan buah hati? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh kalian. Check it out..

 

1. Atur Pola Makan

Illustrasi via solusisehatku.com

Usahakan untuk suami memperhatikan pola makan sang istri. Support untuk selalu makan walaupun cuma sedikit. Karena pada tahap trimester pertama, adalah proses penting tumbuh kembang otak bayi. Usahakan agar sang istri selalu makan makanan yang sehat walaupun terkadang sang istri malas untuk makan. Karena biasanya ditahap awal kehamilan sang ibu kerap merasa mual dan sering memuntahkan makanannya.

 

2. Cek Tumbuh Kembang Si Buah Hati Setiap Bulannya

Illustrasi oleh www.freepik.es

Konsultasikan setiap bulan tumbuh kembang sang jabang bayi. Agar kita mengetahui bagaimana kondisi sang bayi didalam kandungan sang ibu. Selain itu kita pasti diberi pengarahan oleh bidan atau dokter tentang kesehatan sang bayi ataupun sang ibu.

 

3. Olahraga Teratur

Illustrasi via blog.fitnesia.com

Pasti kita ingin agar istri kita merasakan kehamilan yang menyenangkan dan membahagiakan, karena itulah maka kita harus membantu sang istri untuk melakukan olahraga yang teratur. Lebih baik lagi jika sang istri ikut senam hamil, agar badannya tidak terasa pegal karena kehamilan yang semakin tua. Selain itu akan ada instruktur senam yang akan mengarahkan istri pelatihan sebelum bersalin. Pelatihan gerakan senam yang dapat dilakukan oleh istri dirumah setiap hari.

 

4. Kerjasama

​​​​​Illustrasi via hellosehat.com

Kerjasama dalam melalui proses kehamilan sang istri adalah proses yang penting. Ketika hamil, sang istri membutuhkan perhatian ekstra dari suami. Karena sang istri akan merasa lebih sensitif, cepat marah, dan manja kepada suami. Sehingga jika tidak ada kerjasama antara suami dan istri maka dikhawatirkan akan membuat sang istri stress. Jika istri stress maka akan mempengaruhi perkembangan tumbuh kembang sang janin didalam kandungan istri.

 

5. Mempersiapkan Segala Perlengkapan Istri Dan Buah Hati

Illustrasi via http://ibudanmama.com

Memberikan segala kebutuhan istri dan sang buah hati yang akan lahir kedunia adalah hal yang penting. Mulai dari membeli baju hamil, celana hamil, bantal hamil dan segala keperluan istri lainnya. Selain itu ketika usia kehamilan sudah memasuki bulan kedelapan, berbelanja keperluan bayi adalah hal yang menyenangkan sang istri. Jadi jangan lupa siap siap yaa hehe. . .

 

Demikianlah hal hal yang bisa suami lakukan. Sehingga suami dan istri dapat melalui kehamilan istri dengan bahagia dan bisa melakukan persalinan secara normal. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Umma MaryamZahidah