Jurus Jitu Mengusir Rasa Minder yang Bikin Percaya Dirimu Meningkat Tajam

Jurus Jitu Mengusir Rasa Minder yang Bikin Percaya Dirimu Meningkat Tajam

Foto: chatfield.edu

 

Pernah nggak gengs kalian merasa minder ?
Pastinya pernah kan !

Rasa kurang percaya diri “minder” lumrah dialami oleh banyak orang. Namun jika keseringan juga tidak baik lho apalagi jika sudah jadi kebiasaan. Sikap negatif ini tak perlu dipertahankan, tak ada untungnya juga, sebab dapat menghalangi kreatifitas dalam meraih kesuksesan hidup. 

Selain bisa menghambat prestasi, akibatnya masih banyak lagi lho seperti jadi pemalu, susah bergaul dan sulit menggali potensi serta bakat kalian, rugi sekali bukan? 

Punya rasa minder jangan dibiarkan, Gengs. Sebagai makhluk sosial mau tidak mau pasti suatu saat kalian dihadapkan pada situasi maupun kondisi yang mana kalian harus berkomunikasi dengan orang lain. Jika kalian terus-menerus takut dan menghindar, lalu sampai kapan berani mencobanya? Maka buanglah jauh-jauh rasa gak pede itu iya, Gengs !

Nah, agar percaya dirimu meningkat, ayo kita belajar jurus jitu mengusir rasa minder, penasaran, apa saja sich jurusnya? Yuk kita belajar bersama !


1. Mulailah dengan tampil menarik 

Berpenampilan menarik bukan berarti harus serba berlebihan atau wah ya gengs tapi cukup berpenampilan yang rapi, bersih, sopan dan wangi. Sederhana bukan?
Namun kalian juga harus menyesuaikan penampilan dengan kepribadian masing-masing, jangan sampai salah pilih sebab hal ini bukannya meningkatkan percaya diri justru semakin menurunkan tingkat percaya diri kalian. So, perlu waspada iya, carilah yang cocok pastinya !


2. Tersenyumlah 

Terdengar simple sich, tapi bener lho jika secara tidak langsung senyuman itu bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Sebuah senyuman yang tulus dengan wajah yang ramah kepada lawan bicara akan membuat kalian merasa lebih baik. Oleh karena itu setiap menyapa orang-orang yang ada di sekitar kalian jangan lupa tunjukkanlah senyum manismu (senyum pepsodent juga boleh asal jangan senyum-senyum sendiri aja iya, hehe he). Jika masih terasa sulit memberikan senyuman terbaikmu, cobalah untuk berlatih tersenyum di depan cermin, tak ada salahnya juga kan!


3. Hargai dirimu sendiri

Minder itu perasaan rendah diri yang menganggap orang lain lebih baik dari diri sendiri. Namun ada hal yang perlu kalian pahami jika tidak ada yang sempurna di dunia ini. Mereka yang terlihat hebat pasti juga punya kekurangan. Hanya saja mereka mampu menutupi segala kekurangannya. Maka dari itu berhentilah untuk menilai segala kekurangan diri sendiri sebab pikiran dan hati yang hanya fokus pada kelemahan dan kekurangan akan menghambat segala potensi positif yang ada di dalam diri kalian.


4. Ekspresikan siapa dirimu

Rasa minder itu muncul karena kalian tidak percaya pada diri sendiri. Padahal bisa jadi kalian memiliki kemampuan yang sama atau lebih luar biasa dari orang lain. Oleh karena itu kalian harus sering-sering menggali dan mengembangkan segala potensi serta kemampuan yang dimiliki. Biarkan dirimu belajar mengekspolorasi banyak hal. Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan! Tidak perlu membatasi diri, asalkan apa yang kalian lakukan memberi dampak positif dalam hidup, lakukan saja. Jika mereka saja mampu, kalian juga bisa melakukan hal yang sama atau lebih dari itu.


5. Berbaurlah dengan orang lain 

Memang gampang-gampang susah ya gengs untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang mungkin baru untuk kalian. Terkadang pikiran negatif jika akan diremehkan, dipandang sebelah mata bahkan tidak layak berada di sekitar orang lain membuat kalian menutup diri hingga menarik diri dalam pergaulan. Padahal bergaul itu penting lho gengs, bagaimana tidak? dengan bergaul maka orang lain dapat mengenali diri kalian.

Jika kalian hanya diam saja kapan orang lain akan mengetahui keberadaan kalian. Siap gak siap, kalian harus memberanikan diri untuk melangkah keluar dari zona nyaman. Jangan selalu nunggu diajak ngomonng duluan, sesekali cobalah memulai obrolan duluan! enggak masalah jika pembicaraanya gak penting, asalkan sopan, orang lain pasti akan meresponnnya.

Memang tidak semua orang mau memulai obrolan, tapi kalau belum dicoba kalian tidak akan pernah tahu hasilnya, iya kan!

So, tidak ada alasan lagi buat kalian untuk menjadi pribadi yang minder. Asal punya niat yang kuat untuk belajar pasti kalian dapat menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Semangat !!!