Kegiatan Sosial Sebagai Bentuk Dedikasi Untuk Negeri

Kegiatan Sosial Sebagai Bentuk Dedikasi Untuk Negeri

Pontianak - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalimantan Barat terus berupaya memberikan kepedulian terhadap kondisi sosial, pendidikan , ekonomi dan lingkungan. Khususnya kondisi yang  jerjadi di tengah-tengah masyarakat Kalimantan Barat. Sebagai satu di antara komunitas yang aktif di Kalbar , GenBI terus menujukkan dedikasinya untuk negeri. Salah satu bentuk dedikasi GenBI yaitu mengadakan berbagai macam rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun GenBI yang ke-7.

 

Ulang tahun GenBI Kalbar jatuh 11 November, bulan depan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan HUT GenBI Kalimantan Barat kali ini mengusung tema “ We Born  To Care. Beragam kegiatan pun turut dikonsep untuk memberikan kesan terbaik untuk masyarakat secara umum maupun anggota GenBI kalbar secara internal.

 

Ketua Panitia HUT GenBI Kalbar, Ales mengatakan akan ada berbagai macam rangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari terbentuknya komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia itu. “Saat ini seluruh anggota dan kepanitiaan telah dibentuk untuk mempersiapkan berbagai kegiatan itu,” kata Ales, mahasiswa Universitas Tanjungpura.

 

Ada pun rangkaian kegiatan tersebut meliputi Seminar dan Olimpiade Kebangksentralan yang akan dilaksanakan di Aula Keriang Bandong KPwBI Kalbar pada 26 hingga 28 Oktober 2018. Rangkaian kegiatan lainnya yaitu mengadakan Kunjungan Sosial ke Yayasan Nurul Hidayah Desa Pasak Piang Dusun Sui Piang Sungai Ambawang pada 3 November 2018.

 

Ales menambahkan GenBI Kalbar melaksanakan kegiatan ini bukan hanya sekadar hiburan melainkan supaya memebrikan manfaat kepada masyarakat. “Terkhusus lagi kami ingin berbagi ilmu dan memberikan kesempatan pengalaman untuk adik-adik yang masih di bangku sekolah,” tutur Ales.

 

Menurut Ketua GenBI Kalbar, Supriadi, mengatakan tujuan utama diadakannya kegiatan HUT GenBI yaitu sebagai bentuk  rasa syukur dengan usia GenBI yang ketujuh tahun. “Kemudian agar GenBI tetap istikomah berkontribusi dan berbagi kepada masyarakat khususnya adik-adik kita yg membutuhkan, karena mereka sebagai regenerasi yang akan menjadi penerus bangsa,” ucap Supriadi.

 

Supriadi mengatakan bahwa  lomba Olimpiade Kebanksentralan akan diikuti oleh pelajar SMA se-Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya. Tujuan yang hendak dicapai, menurut Supriadi, agar pelajar SMA /sederajat  mengetahui lebih jauh tugas dan fungsi Bank Indonesia. “Serta mengajak siswa-siswi memahami peranan Bank Indonesia dalam perekonomian  negara dan dapat memberi sumbangsih di bidang akademik dengan mengadakan olimpiade kebanksentralan,” kata Supriadi.

 

Kemudian rangkaian lain berupa Kunjungan Sosial ke Yayasan Nurul Hidayah Desa Pasak Piang Dusun Sui Piang Sungai Ambawang dilaksanakan untuk mengetahui kondisi pendidikan, sosial dan lingkungan Ponpes. Supriadi menambahkan tujuan akan diadakannya kunjungan tersebut supaya terbangun talisilaturahmi antara anggota GenBI kalbar dengan pihak pesantren maupun santri-santri yang ada.

 

Berbagai rangkaian acara dalam kunjungan ini di antaranya berupa donasi buku, seragam sekolah layak pakai. Pada kesempatan itu GenBI Kalbar juga akan melakukan bersih-bersih sekolah serta memberikan bantuan alat kebersihan, sarana belajar hingga memberikan game-game untuk menghibur siswa-siswa yang ada.

“Bagaimana dengan diadakannya kunjungan sosial ini kami khususnya anggota GenBI dapat mengetahui kondisi pendidikan di sana. Memberikan ilmu dan berbagi pengalaman kepada santri-santri, serta diharapkan kami mendapat pelajaran dari kunjungan ini,” tambah Supriadi.

 

Supriadi berharap  kegiatan HUT GenBI tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah. “GenBI terus mampu memberi warna dalam bidang sosial kemasyarakatan serta mampu mengenalkan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia (GenBI) kepada masyarakat dengan adanya kegiatan ini,” harap Supriadi. (IM)