Kenapa Do’a – Do’aku Belum dikabulkan Tuhan

Kenapa Do’a – Do’aku Belum dikabulkan Tuhan

Hay guys, saya baru mendapat siraman rohani dari guru saya. Cukup menarik pokok bahasannya guys. Yaitu mengapa do’a – do’a kita belum juga dikabulkan Tuhan. Padahal setiap malam kita merapal do’a-do’a dari tengah malam hingga pagi menjelang. Ternyata ada tiga hal yang bisa menyebabkan do’a – do’a kita belum dikabulkan, berikut ulasannya :

 

1. Durhaka kepada Orang Tua

Hal pertama adalah durhaka kepada orang tua. Terutama kepada Ibu kita. Biasanya kalian lebih takut dan hormat pada Bapak dari pada Ibu kan… Yes or Yes…? Yes aja lah. Hehehe. Terkadang tanpa kita sadari, kita telah melukai hati Ibu bapak kita dengan ucapan – ucapan kasar kita, kita sering membantah mereka ketika mereka menasehati, membentak mereka bahkan ada yang lebih dari itu…  Naudzubillah…  Ternyata hal tersebut adalah penyebab pertama doa kita belum terkabul guys.

 

Kalau kalian merasa pernah menyakiti hati Ibu Bapak kalian, segeralah meminta maaf kepada mereka, bersimpuhlah dihadapan mereka. Begitu pesan Guru saya.

 

2. Memfitnah

Ini nih, yang setiap hari bahkan setiap saat dengan mudahnya kita lakukan. Yaitu menfitnah. Menceritakan keburukan orang lain padahal dia sendiri belum tahu kebenarannya.  Menciptakan kebohongan untuk menjatuhkan orang lain. Pesan guru saya untuk hal ini adalah segeralah meohon maaf kepada orang yang pernah kita fitnah. Dan bertaubat sungguh – sungguh atau taubatan nasuuha tidak akan mengulanginya lagi.

 

3. Berzina

Dan yang terakhir adalah berzina atau mendekati zina. Seperti berciuman, berpegangan tangan, saling meraba dan lainya padahal belum ada ikatan hubungan yang sah alias pernikahan. Untuk kalian yang belum sah, artinya masih pacaran tapi sudah melakukan hal – hal yang mendekati zina. Segera hentikan. Karena hal  tersebut juga yang menyebabkan mengapa sampai saat ini do’a kalian belum dikabulkan Tuhan.

 

Nah itulah guys tiga hal yang bisa menghalangi do’a – do’a yang setiap malam kita rapalkan untuk dikabulkan Tuhan. Mulai dari sekarang kalian yang merasa doa – doanya belum dikabulkan segera merefleksi diri (termasuk saya sendiri). Lebih menghormati Ibu dan Bapak, sebisa mungkin untuk menjaga hati dan lisan kita dari hal – hal yang kotor dan jangan sekali-kali mendekati zina. Yang sudah terjadi biarlah berlalu, untuk kedepannya senantiasa berusaha menjalani hidup dengan baik. Insya Allah, dengan begitu doa yang kita panjatkan setiap malam akan dikabulkan Tuhan. Dalam Surah Al Mukmin Allah berfirman yang artinya : “Dan Tuhanmu berfirman, ‘berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu’.”

 

Penulis: Siti Fadlilah