Kiat-Kiat Menghadapi Fase Skripsi

Kiat-Kiat Menghadapi Fase Skripsi

Bagi kebanyakkan orang memulai fase skripsi bisa jadi menjadi hal yang menakutkan sebab beredar rumor adanya  dosen pembimbing yang sulit ditemui, penentuan topik yang tak kunjung usai hingga proses penelitian yang lama.

Teruntuk kamu yang saat ini tengah berjuang di masa akhir perkuliahan atau berada di fase awal memulai skripsi yuk simak beberapa kiat-kiat yang dapat kamu lakukan ketika mengahadapi fase skripsi.

 

1. Tuliskan Niat dan Motivasimu

Sebagai langkah awal kamu tentunya harus sudah mentekadkan keinginan untuk memulai sebuah langkah baru diakhir masa perkulihanmu yakni skripsi. Selain ditanamkan dalam hati menuliskan dalam secaraik kertas tentang keinginan maupun motivasimu dapat menjadi pengingat dan cambuk semngat ketika kamu merasa lelah di tengah fase ini loh. 

 


2. Memperbanyak refrensi

Sebagai bekal awal untuk menentukan topic penelitianmu atau mematangkan judul skripsi mu maka perbanyaklah mencari refrensi yang berkaitan dengan objek yang ingin kamu teliti. Sumber refrensi baik skripsi sebelumnya, jurnal maupun buku dapat mematangkan topik skripsimu serta menambah pemahamanmu tentang topik tersebut.

Hal ini sebenrnya dapat dilakukan sebelum kamu memulai penulisan proposal. Kamu dapat mempelajari dan mencobanya jika menggunakan pengolahan data sebelum penelitian dilakukan sehingga kamu akan terlihat lebih siap ketika topik itu diajukan. Hal tersebut dapat kamu mulai ketika kamu sudah memasuki semester 7.

 


3. Lawan rasa malasmu

Kebanyakan kendala yang dialami ketika memulai fase skripsi adalah rasa malas. Hal ini dapat timbul karena banyak hal seperti putus asa bertemu dosen pembimbing, proposal yang selalu tertolak hingga posisimu yang sudah jauh tertinggal dibanding rekan-rekan lainmu.

Jika kamu berada pada fase ini maka coba bayangkan perjuanganmu selama beberapa tahun terakhir berkuliah serta usaha kedua orang tuamu. Cobalah untuk memulai dengan sedikit demi sedikit hal yang membuatmu terhenti maupun sulit.

Jika timbul keraguan terus lah berjalan karena sebenarnya ini adalah sebuah proses pembelajaran sebab memang sesuatu yang besar tentu dimulai dengan hal-hal kecil.

 


4. Sertakan Sang Maha Kuasa dalam setiap langkahmu

Ketika akan memulai apapun termasuk skripsi selalu sertakan Sang Pencipta disetiap langkahmu. Hal ini sangat membantumu ketika kamu merasa putus asa ataupun gagal sebab dalam perjalananmu nanti akan banyak hal-hal yang tak terduga.

Jika kita telah melakukan usaha dengan sungguh-sungguh namun tak kunjung membuahkan hasil maka pasrahkan semuanya kepada Sang Maha Kuasa, selalu berbuat baiklah terhadap sesama dan perbanyak sedekah. Bisa jadi dengan hal tersebut akan jauh mempermudah urusanmu dalam fase skripsi ini, Gengs.

Tentunya terkadang kita sering mendengar seperti sebuah keajaiban seperti ketika skripi tersebut dirasa sulit pada awalnya namun bisa jadi kamu dapat lulus dengan mudah, waktu sidang hanya 15 menit , tidak mendapat revsi dan lain-lain. Semoga hal-hal tersebut dapatkamu alami juga ya, Gengs!  Good luck