Kudapan Unik yang Banyak Ditemukan Ketika Ramadhan

Kudapan Unik  yang Banyak Ditemukan Ketika Ramadhan

Bulan ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu oleh banyak kalangan. Tak hanya kemuliaannya di mana setiap kegiatan positif yang kita lakukan dapat bernilai ibadah namun juga serba serbi ramadhan seperti berbuka puasa, sahur dan tak lupa kudapnnya. Berikut merupakan kudapan yang banyak ditemukan ketika ramadhan tiba. Yuk simak beberapa kudapan unik Ramadhan.

 

1. Kurma

Foto: infohaji.co.id


Buah kurma menjadi salah satu buah primadona yang paling banyak diminati ketika ramadhan tiba. Memiliki cita rasa yang manis membuat buah ini sangat cocok dijadikan kudapan berbuka puasa.

Rasa manis pada kurma disebabkan karena sebagaian besar kandungan kurma berupa karbohidrat yang terdiri dari berbagai gula sederhana sehingga memiliki rasa yang manis dan dapat berguna menggantikan energi yang hilang ketika telah berpuasa seharian.

Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini memiliki berbagai jenis buah dan salah salah satunya yang paling terkenal adalah kurma ajwa atau kurma nabi.

 

2. Kolang-kaling


 

Berbentuk lonjong, bertekstur kenyal dan transparan merupakan gambaran yang tepat untuk buah ini. Kolang-kaling menjadi salah satu kudapan yang banyak ditemukan ketika ramadhan. Buah yang berasal dari biji pohon aren yang dibakar ini menjadi bahan pelengkap dalam setiap hidangan di bulan ramadhan seperti kolak, es buah, bubur ketan dan lain-lain.

Kandungan kadar air yang tinggi dan karbohidrat membuat buah ini cocok dijadikan kudapan ketika berbuka sebab memberikan rasa yang segar dan mengenyangkan.  

 

3. Timun suri

Foto: wego.co.id


Timun suri merupakan buah yang terlihat seperti labu-labuan ini termasuk dalam buah yang banyak dijumpai ketika ramadhan tiba. Memiliki rasa yang manis serta tekstur yang masir bak apel buah ini memiliki kandungan gula seperti glukosan dan fruktosa , vitamin dan berbagai antioksidan.

Rasa manis pada timun suri dapat manambah energi pada tubuh setelah sepanjang hari berpuasa. Terdapat berbagai olahan timun suri seperti es timun suri, campuran dalan es buah maupun dapat dimakan secara langsung sebagai pencucui mulut.