Menikmati Kuliner Ayam Taliwang Kaki Lima, Kamu Bisa Coba Juga Geng

Menikmati Kuliner Ayam Taliwang Kaki Lima, Kamu Bisa Coba Juga Geng

Setiap tempat di negara kita yang kaya ini memiliki berbagai macam kudapan, bahkan kalau menurut istilah saya “sejengkal tangan di tanah pertiwi, beraneka makanan yang bisa dicari”, ini menandakan kalau makanan bangsa Indonesia beranekaragam. Kalau sebutkan satu-satu, waduuuhh !! Mana mampu. Coba lihat oleh nasi saja ada berapa jenis, nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, nasi aking pun dimakan bro, saking nggk adanya makanan yang harus dimakan (kenyataan di negeri dengan slogan “gemah ripah loh jinawi” ini).

 

Oke lah, seperti biasa saya langsung bahas soal makanan asli masyarakat Lombok, yaitu Ayam Taliwang. Sebenarnya pasti pembaca bertanya-tanya, apasih ayam taliwang itu? Kalau anak muda kan tahunya Cuma Ayam Fried Chicken aka KFC, Cfc, Texas Chicken, hehehe mana tahu mereka Ayam Taliwang. Ayam Taliwang adalah salah satu masakan khas Lombok, yang sebenarnya nama Taliwang ini adalah nama sebuah kampung yang bernama Taliwang dan Kampung Taliwang berada di Sumbawa. Sebenarnya salah juga menyebut Ayam Taliwang ini khas Lombok, karena sebenarnya berasal dari sumbawa Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga  Kuliner Tersembunyi, Rica-rica Menthok yang Menggugah Selera

Masyarakat Taliwang di Lombok merupakan pendatang dari Taliwang Sumbawa yang menetap secara turun-temurun. Penjaja Ayam Taliwang tersebar di Kota Mataram dari bentuk restaurant sampai bentuk kaki lima. Ciri khas dari olahan ayam ini adalah dengan cara dibakar, dan ayam yang dipilih adalah ayam kampung utuh berusia 3-5 bulan, hal ini yang menjadikan Ayam Taliwang terasa empuk dan bisa dinikmati hingga ke tulang-tulangnya.

Menurut beberapa sumber, Ayam Taliwang bisa diolah dari daging ayam yang lebih berumur 5 bulan, namun seperti halnya olahan ayam lain, daging ayam tersebut harus direbus dahulu hingga empuk, barulah dibakar dan dibumbui dengan resep khas Taliwang. Oh iya yang paling mempesona dilidah adalah sambalnya lho gaess!!! Saya sampai tidak bisa menggambarkan bagaimana rasa sambal pedas khas Taliwang ini, yang pasti kalian mesti coba Ayam Taliwang.

Satu lagi yang menjadi ciri khas Ayam Taliwang, selain makannya dicocol dengan sambal Taliwang dan daging ayam yang utuh (ingkung), kita juga bisa menikmatinya dengan Plecing Kangkung, hidangan ini juga tak bisa luput dari sasaran lidah karena Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung biasanya satu paket untuk dinikmati. Untuk harganya sendiri sih cukup murah.

Kebetulan saat saya dan suami berlibur ke Lombok kita dapat satu paket Ayam Taliwang, 2 nasi, 1 porsi Plecing Kangkung dan 2 gelas Es Teh seharga Rp. 78.000,- maklum juga gaes karena Ayam Taliwang ini jenisnya ayam kampung bukan ayam pedaging dan disajikan secara utuh (ingkung). Intinya kalau kalian ke Lombok mesti nyobain rasa dari Ayam Taliwang ini.

Dan untuk kalian-kalian yang Muda-muda, coba deh kenalin masakan lokal Ibu Pertiwi kita, enggak kalah lah dengan produk-produk makanan dari luar.