Menurut Kamu Mitos atau Fakta Beberapa Kejadian ini

Menurut Kamu Mitos atau Fakta Beberapa Kejadian ini

Illustrasi (c) shutterstock.com

 

Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak budaya dan kearifan lokal. Dengan banyaknya suku dan budaya lokal, tentunya akan berdampak pada kebiasaan masyarakatnya yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, di masyarakat lokalnya pun masih banyak kita jumpai mitos-mitos yang secara nalar manusia biasa mungkin tidak sampai dan entah dari mana dan atas dasar apa mitos-mitos ada di masyarakat Indonesia. Ini beberapa mitos di masyarakat yang perlu kamu ketahui:


1. Nyapu Tidak Bersih, Suaminya Brewokan

Perempuan dulu nampaknya suka pada lelaki yang mukanya bersih dan tidak ada bewok, oleh karenanya, orang tua suka menakut-nakuti anak perempuanya jika nyapu tidak bersih kamu akan dapat suami yang brewokan.

Kalau ditelaah bener-bener, logis juga sih guys orang tua nakut-nakutin dengan hal itu karena pada dasarnyakan kita nyapu atau bebenah ya emang harus bersih. Dan orang tua zaman dulu mengajarkan hal-hal baik dengan mitos-mitos agar tidak dilakuin. Tapi, berbeda pada jaman sekarang sebagian gadis malah menyukai lelaki yang berjambang dan berjenggot. Nah, kalo sudah begitu apa nyapunya gak usah dituntaskan saja biar dapat suami berewokan? 

 

2. Tidak Boleh Makan Telampek (Sayap ayam)

Telampek, mungkin gak semua orang jawa tau istilah telampek ini. Di sebagian daerah telempek itu adalah sayap ayam. Yaps, mitosnya kita yang belum berumah tangga tidak boleh makan sayap ayam karena akan selalu ditolak sama orang yang akan kita deketi (calon kekasih gitu) dan ini berakibat akan jauh dari jodoh. Tapi bener atau tidaknya ya tergantung kepercayaan masing-masing, Guys.

 

3. Minyak Bekas Makan Gorengan dioleskan di Tangan Atau Kaki

Nah ini mungkin semua orang yang sudah menikah ataupun belum pasti suka. Pasalnya mitosnya dengan kita mengoleskan minyak di tangan atau kaki akan disayang sama mertua. Nah coba siapa yang gak suka ini, Guys? Selain disayang oleh suami/istri juga disayang sama mertua. Padahal secara logikanya ya karena yang habis makan gorengan karena enggak ada tisu ya sudahlah dioleskan di tangan atau di kaki sendiri biar gak licin tangan bekas minyak gorengan itu.

 

4. Dilarang duduk di depan pintu.

Nah, Guys jika anak gadis suka duduk di depan pintu, mitosnya si gadis ini akan susah dari jodoh. Namun, Pemikiran ini sebenarnya berkembang untuk mendidik perempuan agar berlaku sopan. Sebab, duduk di depan pintu jelas kurang sopan, karena secara langsung menghalang-halangi orang untuk masuk atau keluar dari ruangan.


5. Tidak boleh duduk di atas bantal

Mitosnya jika kita duduk di bantal, pantat kita kan bisulan. Wahh, ngerii! tapi bener juga guys, dengan adanya mitos ini kita diperintahkan agar menggunakan bantal sesuai fungsi yaitu untuk kepala bukan untuk diduduki.

Bagaimana, Guys. Apakah menurut kamu ini fakta atau mitos?