Pelajaran Kehidupan yang Dapat Memotifasimu Agar Bersama-sama Bertumbuh

Pelajaran Kehidupan yang Dapat Memotifasimu Agar Bersama-sama Bertumbuh

Illustrasi via moondoggiesmusic.com

 

Hal yang paling sulit untuk dihadapi oleh siapapun manusia termasuk saya adalah perubahan. Perubahan di lingkungan, perubahan orang lain bahkan perubahan diri sendiri. Agustus 2018 ketika saya memutuskan untuk pindah kerja, perubahan luar biasa terjadi pada diri saya. Lingkungan berubah, secara otomatis orang – orang disekitarpun berubah. Dan dua perubahan tersebut juga merubah diri saya.

Layaknya sebuah tanaman yang dipindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Butuh waktu beberapa saat, sampai akhirnya tanaman itu tumbuh segar kembali. Pun dengan saya, bahkan butuh lebih dari beberapa bulan untuk kembali menata semangat hidup. Segala nya terjadi begitu saja. Tiba – tiba. Tanpa persiapan.

 

Ini yang bisa kita lakukan untuk menghadapi perubahan dalam hidup :

 

1. Memahami Bahwa Di Dunia Ini Tak Ada Yang Abadi

Satu hal yang dapat saya pelajari, bahwa tidak ada yang tinggal tetap dan menetap. Detik waktu terus bergerak. Benih-benih yang tersebar bertumbuh. Air mengalir mengikuti alurnya. Hidup terus bergulir bagai roda yang terus berputar. Hidup layaknya mengendarai sepeda, dan kita butuh keseimbangan untuk dapat terus mengendarainya.

 

2. Berdamai dengan Kenyataan

Malam ini saya mencoba berdamai dengan diri saya sendiri dengan melihat jejak perjalanan yang telah terlewati. Banyak sekali hal berharga yang terlewati begitu saja dan tidak sempat diabadikan. Jika saya tahu, suatu saat saya akan meninggalkan segalanya.

Maka saya akan berusaha mengabadikan momen - momen berharga itu. Dan sayangnya semuanya telah berlalu dan hanya meninggalkan kenagan semata. Juga banyak kebahagiaan yang saya lupa mengenalinya karena terlalu sering mengeluh. Dan baru saya sadari sekarang.

 

3. Menyadari Bahwa Hidup Akan Terus Berlanjut

Cukup diingat apa- apa yang sudah terjadi, apa – apa yang sudah terlewati dan apa – apa yang akan dihadapi. Hidup harus terus berjalan dimanapun kita berada dan bersama siapapun. Semangat. Semangat. Semangat. Ayo semangat jiwa- jiwa yang mulai merapuh karena perubahan hidup. Ayo bangkit. Siapa lagi yang kan menyemangati dirimu untuk tetap hidup kecuali kamu sendiri.

Seiring berjalannya waktu hidup akan terus mengalami perubahan tanpa disadari. Satu hal yang pasti. Kita harus terus tumbuh, hidup menjadi besar dan menuju sempurna.