Pengen Belanja  yang Nggak Nguras Kantong, Kalian Wajib Coba Seni Tawar Menawar Berikut Ini!

Pengen Belanja  yang Nggak Nguras Kantong, Kalian Wajib Coba Seni Tawar Menawar Berikut Ini!

Photo by freestocks.org on Unsplash

 

Kenapa ya, Gengs, ibu rumah tangga itu bisa pinter banget tawar-menawar barang belanjaan? 

Terkadang sudah tahu kalau itu harga pas, masih saja ditawar, naluri tawar-menawar selalu keluar begitu saja tiap belanja. Kayaknya seperti kurang lengkap jika belanja tanpa proses tawar-menawar terlebih dahulu dengan si penjual. 

The power of emak-emak memang, bisa dapetin barang yang dibutuhin dengan harga miring. Pasti seru ya Gengs jika kita handal kayak ibu rumah tangga dalam menawar harga barang, uang di kantong dijamin aman terkendali tuh! 2 jempol dech buat emak, hehehe

Proses tawar-menawar memang boleh-boleh saja, asal harus tetap pakai aturan iya, jangan sampai berpikir jika pembeli adalah raja hingga semena-mena dengan penjualnya. Ingat, dalam proses jual beli si pembeli dan si penjual itu saling membutuhkan lho.

Terdengar sepele memang, tapi tawar menawar harga belanjaan itu susah-susah gampang lho!

Perlu memiliki seni tersendiri dan keahlian khusus agar proses tawar-menawar bisa sukses. Tahu sendiri'kan tawar-menawar itu ribet, selain butuh waktu lebih lama adu pendapat dengan si penjual, belum tentu juga barang yang kita tawar diberikan dengan harga murah. 

Males banget kan? Kayak buang waktu aja. Sudah capek-capek berdiri dan menawar masih saja si penjual kekeh dengan harga barangnya. Upss! bagi kalian yang tidak suka belanja di pasar, atau yang lebih suka belanja di supermarket atau mall mungkin berfikir seperti itu. 

Namun bagi mereka yang hobi belanja di pasar, bisa mendapat barang yang diinginkan dengan harga lebih murah pasti menyenangkan, bukan? Selain ada kepuasan dalam hati, bisa menghemat pengeluaran, dan sisa uangnya juga bisa ditabung serta digunakan untuk kepentingan yang lainnya.

Pengen banget kan, belanja barang yang diidamkan dengan harga nggak nguras kantong. Tak perlu jadi ibu-ibu dulu kok agar kalian jago nawar. Kalian juga bisa lho, asal tahu aja seni dalam tawar-menawar, dijamin kalian sukses nawar barang. 


Nah, bagi kalian yang hobi belanja atau nggak, tak ada salahnya lho belajar seni tawar-menawar, yuk disimak!


1. Datang lebih pagi

Photo by Gyorgy Bakos on Unsplash

 

Pernah dengar istilah “penglaris” nggak gengs, yaps istilah itu sering dipakai oleh penjual jika ada pelanggan pertama yang membeli barang dagangannya. Biasanya jika kalian jadi pelanggan pertama si penjual akan lebih mudah memberi harga murah karena kalian dianggap sebagai penglaris di hari itu. Si penjual beranggapan setelah kalian beli disana, dagangan mereka akan ramai pembelinya.

Nah, siap-siap bangun pagi aja jika kalian ingin pergi ke pasar, siapa tahu jadi pelanggan pertama. Entah hanya sekedar mitos atau suatu keyakinan, tapi di kalangan para pedagang sering mengaitkan antara pelanggan pertama dengan penglaris. Sebenarnya tidak ada pijakan untuk penglaris, yang ada adalah Tuhan pasti memberi rizki bagi mereka yang menjalankan usaha dengan ikhlas, syukur dan didasari atas niat beribadah.


 
2. Jangan pelit senyum

Photo by Kyle Loftus on Unsplash

 

Umumnya para penjual itu ramah kan, Gengs? tapi kalian sebagai pembeli jangan sampai kalah ramah lho iya, jangan pelit senyum maksudnya. Hargailah usaha para penjual yang selalu menyapa hangat para pengunjung dengan harapan mau mampir ke tokonya. Hanya  dengan senyum dan menanggapi sapaannya hal itu sudah cukup bagi mereka.

Lagipula tak ada salahnya kan gengs, siapa tahu barang yang kalian cari ada di toko tersebut dan diberi harga spesial karena kalian bersikap sopan. Jadi enak kan, nggak capek adu pendapat sama si penjual, kita sudah dapat harga murah tanpa menawar.


 

3. Bandingkan harga baru menawarnya

Photo by Peter Hershey on Unsplash

 

Jangan memberikan harga tawaran dulu iya gengs di penjual pertama sebelum membandingkan harga dengan penjual-penjual yang lain. Hal ini penting agar kalian tidak mendapat harga terlalu tinggi. Setelah tahu harga pasaran baru kalian tawar dech itu barang. Tawarlah dari 50 % harga yang ditawarkan. Jangan menawar dengan harga yang tidak masuk akal. Bisa-bisa nanti si penjual jadi jengkel pada kalian, bukannya memberi harga murah tapi kalian malah dicuekin sebab dengan menawar sesuka hati si penjual sudah tahu jika kalian nggak ada niat beli, tapi nawar! 

 


4. Belagak Nggak Butuh

Photo by Eddi Aguirre on Unsplash

 

Sedikit jual mahal di depan si penjual juga perlu lho gengs. Jangan memperlihatkan jika kalian membutuhkan barang jualan mereka. Kalau perlu gunakan trik langsung pergi jika tawaran kalian ditolak. Biasanya si penjual akan mencegah kalian berpaling ke penjual lain dengan mengajak mencari kesepakatan harga. Jika si penjual tetap nggak nurunin harga, kalian juga bisa pura-pura pergi aja dari situ. Biasanya si penjual akan memanggil dan memberi kalian harga sesuai harga yang kalian tawar tadi.

 


5. Beli dalam jumlah banyak

Photo by hao ji on Unsplash

 

Dengan mengambil barang lebih dari satu, biasanya si penjual juga akan memberi diskon atau potongan harga karena dagangan mereka akan cepat habis. Hal ini akan membuat banyak pula keuntungannya bagi si penjual. So, bukan hal yang nggak mungkin kan jika kalian membeli lebih banyak barang akan mendapat harga lebih murah. 

Itulah beberapa seni tawar menawar yang perlu kalian coba. Semakin kalian sering mencoba, tentu akan semakin mahir nantinya. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil!