Pohon Merdeka, Sang Ilalang yang Kaya Manfaatnya

Pohon Merdeka, Sang Ilalang yang Kaya Manfaatnya

Jika dikupas satu per satu tentu tidak akan ada habisnya kita ulas manfaat berbagai jenis ciptaan Tuhan. Ternyata benar adanya, terciptanya hewan dan tumbuhan memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai manusia menyikapinya.

 

Kini, tentang tumbuhan liar yang hidup di pegunungan atau dataran tinggi. Tumbuhan ini bernama balakacida atau lebih familiar disebut pohon merdeka. Disebut pohon merdeka mungkin karena pertumbuhannya yang menjulang tinggi seperti simbol kemerdekaan. Sebenarnya tumbuhan ini masuk ke dalam golongan tanaman pengganggu, maka dari itu tumbuhan ini sering diberantas atau hanya digunakan sebagai kayu bakar.

 

Akan tetapi, banyak orang yang tidak tahu betapa besar kandungan nutrisi di dalam daun merdeka. Di dalam dunia pertanian, daun merdeka dijadikan sebagai pupuk organik juga biopestisida dan obat tradisional.

 

Adapun kandungan nutrisi daun merdeka antara lain: fenol, alkoloid, triteperoid, tannin, flavonoid, limonen. Sehingga daun merdeka tidak hanya bermanfaat dalam dunia pertanian namun juga dalam dunia kesehatan. Berikut beberapa penyakit yang dapat ditanggulangi dengan olahan daun merdeka:


1) Kista
2) Kanker serviks
3) Menjaga kesehatan reproduksi wanita
4) Diabetes
5) Vertigo
6) Maag
7) Jantung
8) Kolesterol
9) Asam urat
10) Tekanan darah tinggi
11) Lambung
12) Sakit kepala
13) Kanker payudara 
14) Melancarkan peredaran darah
15) Menurunkan berat badan
16) Luka
17) Jerawat

Cara mengolah daun merdeka untuk penyakit dalam yakni dengan merebus beberapa helai daun merdeka dengan 2-3 gelas, lalu direbus hingga tersisa satu gelas air rebusan. Air rebusan tersebut diminum dua kali sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.


Sedang untuk penyakit luar, beberapa helai daun merdeka ditumbuk, lalu ditempel pada bagian yang ingin diobati, atau bisa juga dengan menggunakan getah pohon merdeka.

 

Nah, luar biasa bukan? Ternyata tumbuhan pengganggu bisa juga disebut tumbuhan penolong. Begitu besar kuasa Tuhan, sehingga semua yang Ia ciptakan memiliki kekurangan beserta kelebihannya. Jadi, tak sepantasnya kita mendustakan nikmat Tuhan.

 

Kita harus mulai mengenali ciptaan Tuhan dengan segala nikmat yang Ia berikan, tentunya semua hal yang tak pernah kita sadari selama ini. Tuhan menciptakan penyakit tentu juga dengan obat penyembuhnya. Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa menjadi insan yang pandai bersyukur atas Nikmatnya dan mulai menghargai atas segala Ciptaannya di dunia ini.