Salah Satu Hal Penting Dalam Kehidupan

Salah Satu Hal Penting Dalam Kehidupan

Dalam hidup ini, banyak sekali kenikmatan yang dikaruniakan Tuhan kepada kita semua yang semestinya kita syukuri ya guys. Diantaranya  nikmat jiwa dan raga yang sehat, keluarga yang utuh, teman-teman yang mengasyikkan dan masih banyak lagi nikmat Tuhan yang jumlahnya tak terhingga.

 

Kenikmatan besar yang kita pergunakan setiap waktu  adalah kemampuan untuk berbicara. Dari kemampuan berbicara maka lahirlah komunikasi, komunikasi menjadi interaksi dan hubungan manusia. Kemampuan berbicara inipun berkembang baik dalam bahasa lisan maupun tulisan.


Yah walau sekarang di negara kita bebas mengemukakan pendapat lisan maupun tulisan, namun tidak ada salahnya kan jika menggunakan kemampuan kita dalam berbicara yang selanjutnya disebut alat komunikasi mulut dengan baik dan benar. Karena sedikit saja orang salah dalam berbicara dapat berdampak luas. 


Berikut ini beberapa petunjuk menggunakan alat komunikasi mulut yang admin rangkum dari beberapa sumber ya guys :

 

Hendaklah Mengatakan Sesuatu dengan Benar
Dalam berbicara, sebaiknya dilakukan dengan dasar kebenaran. Pembicaraan yang tanpa dasar atau bahkan didasari oleh kebohongan berarti sama saja menggunakan nikmat Tuhan dengan sia-sia.

 

Tepat Sasaran dan Tepat Waktu
Artinya berbicara harus memperhatikan sasaran pembicaraannya serta memilih saat yang tepat. Jangan sampai kita memotong atau menyela pembicaraan orang lain.

 

Membatasi Pembicaraan Menurut Kebutuhan
Dalam berbicara sebaiknya tidak kurang dan tidak lebih. Jika kurang dari kebutuhan tidak akan mengenai sasaran dan jika lebih menjadi sia – sia bahkan berbahaya.

 

Menggunakan Kata – kata yang Sesuai dan Tepat
Mulutmu adalah harimaumu. Sebab mulut adalah merupakan simbol dari pribadi yang bersangkutan. Sebaiknya bertutur kata dapat benar – benar menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

 

Hindari kata – kata tidak baik ataupun yang dapat menyinggung bahkan menyakiti perasaan orang lain. Itulah hal-hal penting dalam kehidupan yakni bagaimana kita senantiasa bisa menjaga mulut kita. Semoga kita dapat menggunakan kenikmatan Tuhan  ini dengan benar dan semoga kita dijauhkan dari segala hal yang tidak baik. Amiin…..

 

Penulis: Siti Fadlilah

Illustrasi:https://www.menggambar-unik.com/