Sehat Tidak Harus Mahal, Kamu Bisa Coba “obat” Alami Ini!

Sehat Tidak Harus Mahal, Kamu Bisa Coba “obat” Alami Ini!

Illustrasi via tipspengembangandiri.com

 

Sehat itu memang prioritas ya, Guys? Banyak orang mengeluarkan biaya mahal demi untuk tetep sehat, atau melakukan pengobatan atas penyakit yang diderita. Namun kamu tau gak sih, ternyata di dunia ini, banyak tumbuh-tumbuhan di sekitar kita yang memiliki khasiat bagi kesehtan kita. 

Nah, obat-obatan yang dihasilakan dari tumbuh-tumbuhan itu sangatlah murah dan mudah didapatkanya, terlebih di negeri kita tercinta ini istilahnya tumbuhan apa saja bisa hidup. Nah di bawah ini ada beberapa hasil alam yang dapat kamu gunakan sebagai obat, dan juga manfaatnya:

 

1. Daun Buah Jambu Batu

Jambu biji/batu via hellosehat.com
Buah jambu biji via hallosehat

Nah Guys kandungan yang ada di dalam daun buah jambu ini adalah insulin Nabati yang memiliki manfaat mengurangi kadar gula di dalam tubuh.
Orang yang kadar gula di dalam tubuhnya menumpuk, rentan dengan penyakit diabetes guys. Anehnya orang-orang sekarang bertindak setelah mengidap penyakit dengan cara menyuntikkan insulin ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi daun jambu batu, baik secara dilalap maupun di jus, insya Allah terhindar yang namanya penyakit diabetes. 


2. Air Kelapa Muda


Air kelapa muda via hallosehat

Siapa yang gak suka sama air kelapa muda? Mungkin bagi semua orang pasti suka air kelapa muda, apalagi saat panas-panas minum es air kelapa muda. Wuihh segarr!! Hehehe. 


Tapi kamu tau gak sih kandungan dan manfaat air kelapa muda ini? Yaps, minuman menyegarkan ini ternyata mengandung Asam Laurat dan Sitokin, yang memiliki manfaat sebagai Pencegahan Penuaan Dini.


Penghambat penuaan diidamkan oleh semua orang. Tidak hanya kaum selebritis saja, namun kaum dhuafa’pun tidak beda, seperti kamu juga kan guys? Awalnya memang kaum bawah merasa putus asa, karena ukuran dompet harus tebal, lain dengan sekarang, walau millenial ternyata ada yang klasik tapi mujarab. Jangan heran kalau penulis (mbah Karyono) walau hampir pensiun masih tetap eksis.

Dulu waktu masih kecil sampai beranak-pinak suka minum air kelapa, tua maupun muda. Saat itu hanya kesukaan sih, e..ternyata ada manfaatnya.Terlebih kelapa muda yang hijau.Terlebih lagi yang menghadap ke timur laut (mitos kali) hehe.


3. PMS (Pre Menstrual Syndrome/Pete)

Illustrasi Pete via Kaiskynet Studio/Shutterstock


Wuihh, Guys pete? kamu suka gak pete? Baunya behhh, walaupun bau namun bagi penggila pete ini adalah makanan enak (pakek) banget. Istilahnya Guys kalau makan gak lalap pete terasa ada yang kurang.

Tau kah kamu kalau pete memiliki kandungan Tryptophan yang mana memiliki manfaat untuk Menstabilkan Emosi wanita dan Mood Kewanitaan

Ini ada lagi yang disukai kaum hawa, terutama yang masih di bangku sekolah ataupun kuliah. Emosi bisa lebih stabil, bila mengkonsumsi petai setiap hari, lebih baik masih mentah, alias lalap. Jangan lupa sikat gigi habis makan pete. Do’i bisa kabur. Untuk yang sudah berkeluarga dan masih muda, perlu juga. Bisa menjadikan lebih mood alias greng. Ini juga perlu diketahui kaum Adam lho.


4. Buah Pare

Buah pare via IDN Times


Buah pare yang memiliki kandungan 90% air dan serat ini bisa disayur maupun untuk lalapan loh guys. Kaum tua seperti saya, sangat memerlukan buah pare, tetapi yang muda juga perlu. Orang tua kemampuan seperti orang muda, Alhamdulillah. Orang muda, kemampuan seperti orang tua, innaalillaah. Dengan kandungan serat dan air tinggi, maka system metabolisme akan relative lebih baik, sehingga system pencernaanpun demikian, anti sembelit. 


5. Biji Nangka


Nangka dan bijinya via IDN Times

Nah buat kamu yang sering ke Jogja pasti sudah tidak asing lagi kan sama makanan yang namanya gudeg? Yaps, makanan itu terbuat dari buah nangka lho. Nangka yang belum matang, tapi kalau sudah matang ya dibuat kudapan saja. 


Saat makan buah nangka pasti akan membuang langsung bijinya? Awas biji nangka jangan dibuang begitu saja. Terlebih buat kalian yang masih muda, cantik dan ganteng. Orang tua pun masih sangat memerlukan. Biji nangka memiliki kandungan Protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, vit A, C dan B serta memiliki Manfaaat menormalkan Pertumbuhan. Dan ini manfaat sesuai dengan kandungannya:


•    Protein           : Dibutuhkan untuk pertumbuhan biologis
•    Karbohidrat    : Nutrisi sumber tenaga
•    Kalsium          : Pertumbuhan tulang dan gigi
•    Vitamin           : Perlindungan biologis


6. Biji Petai

Petai China via Tribun Jabar


Kamu tau gak sih guys Petai? Yaps ini adalah petai cina. Bentuk kecil-kecil dan memiliki bau yang khas juga, namun tidak sekeras pete. Petai cina ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Ingat! jantung adalah pusat kehidupan manusia, jantung terganggu, maka seluruh aktifitas organ akan terganggu pula.

Juga mengandung omega 3 dan 6,mahal harganya kalau diambil dari hewani. Cukup dengan mengkonsumsi petai cina, baik dimasak ataupun untuk lalap. Omega 3 sangat baik pula untuk nutrisi otak, sehingga sampai tua pun masih eksis.

 

7. Buah Jengkol

Buah jengkol via Vemale.com


Bila mendengar kata jengkol, apa yang ada dibenakmu guys? Yaps pasti sama yang kita bayangkan adalah makanan kelas bawah, berbau tidak sedap. Namun jangan salah sangka dulu guys, ternyata di dalamnya banyak mengandung unsur-unsur yang mampu menghancurkan 12 macam sel-sel ganas. Untuk penghancur sel kanker, ternyata lebih efektif dibanding 100 kali kemoterapi. Sudah tidak meninggalkan bercak hitam, tidak mengganggu sel-sel lain, murah lagi. Cara mengkonsumsi, bisa direbus maupun dijus, bahkan diopor, gurih lho.

Ternyata untuk membunuh kanker tidak perlu menguras dompet. Makanya sebelum terkena kanker, yuk kita suka opor jengkol. Tindakan preventif.


8. Jantung Pisang

Jantung pisang via klikdokter
Nah, kamu tau kan buah pisang? Pastilah tau. Heheh tapi kalau Jantung (bunga) pisangnya tau gak? Selalu terdapat di mana-mana. Anehnya jarang yang suka mengkonsumsi jantung pisang. Dipotong dan ditinggalkan begitu saja di bawah pohonnya. 

Namun taukah kamu kalau jantung pisang memiliki kandungan berupa magnesium nabati sangat baik lho untuk penampilan kita, terlebih kawula muda. Selain bisa mempercerah wajah, karena hati yang damai juga bisa meningkatkan mentalitas kita. Tidak heran anak-anak pesantren jaman dulu punya mental yang lebih. 

Banyak mengkonsumsi jantung pisang kali. Bisa dibikin pecel, semur bahkan di makan begitu saja. Ayo anak-anakku tidak usah gengsi dengan mengkonsumsi makanan murah tapi manfaatnya dong.  


9. Buah Pisang


Buah pisang via Merdeka.com

Buah pisang adalah buah penutup makan yang paling popular. Ternyata di dalam buah pisang mengandung unsur-unsur yang bisa meningkatkan stamina, bahkan membunuh sel-sel kanker loh.


Buah pisang yang sehat justru bila sudah masak, muncul bintik-bintik hitam pada kulitnya. Awas bukan pada buahnya, itu berbahaya. Mkanya cucu-cucuku jangan sungkan mengkonsumsi buah pisang, beli tentunya atau ambil di kebon sendiri.


10. Buah Sirsak

Buah sirsak via artikel.co


Buah sirsak sudah familier mampu membunuh sel-sel kanker. Tapi tidak hanya daunnya lho, buahnya juga bagus. Selain enak juga mampu membunuh sel-sel kanker. Kanker penyakit, Guys. Kalau kanker, kantong kering baru aku hehe