Selain Berdosa, Bohong Akan Menyebabkan Hal ini!

Selain Berdosa, Bohong Akan Menyebabkan Hal ini!

Ilkustrasi via https://phh.catfly.com/

 

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kalau kita berbohong menurut agama, kita akan mendapatkan ganjaranya yaitu dosa. Tidak hanya itu berbohong juga dapat dikategorikan sebagai seorang munafik. Itu mungkin yang akan kita dapat ketika melakukan kebohongan jika ditinjau dari kaca mata agama, namun dalam hal lain berbuat bohong akan menyebabkan:

 

1. Menghabiskan Energi

Geng, berbohong itu sangatlah menguras energi, baik tenaga maupun pikiran. Seseorang yang akan berbohong harus berjuang keras memikirkan dan malakukan hal yang dapat menutupi semua kebohongan yang ia lakukan.  Tidak hanya itu seorang yang akan melakukan kebohongan juga berjuang keras melawan hati nuraninya sendiri, yang terkadang bertolak belakang.

 

2. Berbohong Akan Menimbulkan Kebohongan Lain

Nah, setelah melakukan kebohongan, seseorang akan menutipnya dengan kebohongan-kebohongan lain demi menutupi kebohongan yang dilakukan di awal. Atas dasar itulah tanpa kemampuan super untuk “konsisten berbohong” maka yang bersangkutan akan dengan mudah diketahui kebohongannya.


3. Hilangnya Kepercayaan Orang Lain Pada Dirimu.

Jika seseorang gagal dalam mempertahankan “kekonsistenan berbohong” alhasil orang lain baik yang dibohongi atau orang yang tahu kamu suka berbohong akan terkikis kepercayaanya kepadamu.

 

4. Dikucilkan Dari Lingkunganmu

Nah, Gengs. Setelah kepercayaan orang sudah terkikis atas dirimu, lingkungan sosialmu pastilah akan mengucilkanmu dan tidak akan lagi bergaul dan berteman denganmu, walaupun kamu sudah meminta maaf, terkadang seseorang masih sedikit menjaga jarak pada dirimu.

 

5. Hidipmu Tidak Akan Tenang

Sudah menghabiskan banyak energi, hilangnya kepercayaan orang lain, dikucilkan juga, ya alhasil hidupmu sendiri akan tidak tenang.

Nah itu Gengs, runtutan yang akan kamu dapat jika melakukan kebohongan. Kelihatnaya sih remeh, namun banyak hal buruk yang akan kamu dapat. Soo, gimana masih mau dan suka berbohong?