Sisi Lain dari John Kei, The Godfather Of Jakarta

Sisi Lain dari John Kei, The Godfather Of Jakarta

Siapa yang tidak kenal John Refra pria yang akrab dipanggil dengan sapaan John Kei ini tak lain adalah seorang kriminal yang sering melakukan kejahatan. Kasus yang sampai viral ketika itu saat komplotan John Kei ini melakukan tindak pidana pembunuhan berencana Bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung.

 

Pria kelahiran Pulau Kei ini, 10 September 1969 lalu ini kini telah dibekuk kembali setelah sebelumnya bebas dari Lembags Pemasyarakatan Nusa Kambangana, Jawa Tengah, atas Kasus penyerangan Kelompok Nus Kei yang tak lain adalah Pamannya Sendiri.

 

Dalam video Kick Andi yang berjudul Pengakuan John Kei Dari Balik Nusakambangan, John Kei menceritakan sejarah singkat masa kecil nya yang memang sering berkelahi, bercerita tentang bagaimana dia sampai bisa ke Jakarta dan menjadi sesosok yang ditakuti.

 

Nah, berikut sisi lain dari John Kei yang kita kenal sebagai penjahat yang keji (Baba Yaga)

 

1. Pendiri AMKEI (Angkatan Muda KEI)
Tahun 2000 merupakan tahun dimana berdirinya AMKEI, yang kemudian diketuai langsung oleh John Kei. menurut pengakuan John Kei pada saat acara Kick Andy tujuan dari didirikannya AMKEI ini untuk membuat suatu wadah atau paguyuban bagi anak-anak rantau dari Maluku Utara terutama tempat kelahiran dari John Kei yaitu Pulau Kei.

 

Organisasi ini terbentuk pasca kerusuhan di Tual, Pulau Kei pada bulan Mei tahun 2000. Nah dari organisasi inilah dikatakan bahwa John Kei memulai bisnisnya sebagai seorang Debt Collector.


 
2. Anak-anak John Kei yang berpendidikan tinggi
Ini yang membuat heran bagaimana seorang penjahat keji bisa menghasilkan keturunan yang pintar. Padahal akunya dia hanya lulusan Paket C dan dalam proses pendidikannya sempat putus sekolah namun tak disangka salah satu dari kelima putra kesayangannya lulus dengan predikat Cumlaude, sedangkan yang lain sudah lulus S1 tinggal yang bungsu yang masih sekolah.

 

3. Tempat Asal yang seperti Surga Dunia
Kalau yang ini nggk usah lah kita tanyakan lagi, Indonesia timur emang surganya para pelancok. Pulau Kei, sebagai tempat asal John Kei pun tak luput dari itu.

Keindahan Alam Pulau dengan garis-garis pantainya, sunrset dan sunrise yang mempesona. udah deh cek atau googling sendiri ya keindahan pulau Kei siapa tahu kalian malah tertarik untuk tinggal di sana.

 

4. Penganut Kristen yang taat
Dalam wawancaranya saat di penjara John Kei mendapatkan hidayahnya untuk kembali ke jalan yang benar, saat itulah setiap harinya dia membaca kitab suci, dan bertobat dan dikutip dari laman merdeka.com John Kei adalah sosok penyayang dan kedermawanan.

John membangun sebuah gereja dan rumah pastor di kampung halamannya. John Kei juga membantu 20 rumah warga di Pulau Kei yang masih beratapkan jerami. Juga sempat membantu Umar Kei, yaitu keponakan John Kei, dengan memberikan lampu-lampu taman di halaman masjid. Tak heran, sosok John Kei menjadi idola di keluarganya.

 

5. Di Juluki The Godfather of Jakarta
Kiprahnya di dunia hitam sangatlah mirip dengan sosok Vito Andolini atau Vito Corleone (Don Corleone) di film The Godfather. Sama-sama lahir di Kota Kecil, lalu merantau ke Kota Besar, lalu bekerja yang pada akhirnya menjadi irang yang ditakuti.

Vito Andolini menamai dirinya Vito Corleone yang merupakan nama daerah tempat kelahirannya, begitu juga dengan John Refra menamai dirinya dengan John Kei yang diamil dari tempat kelahirannya.

 

Memiliki pengikut yang jumlahnya sama, begitu juga dengan Don Corleone Bos Mafia yang memiliki banyak pengikut.

Demikian artikel yang mungkin terlalu singkat untuk dapat menggambarkan sosok John Kei dari Sisi Lain, dan bukan mendukung tindakan premanisme yang dilakukan oleh John Kei, namun yang pasti setiap manusia pasti ada sisi kebaikan dalam hidupnya karena pada dasarnya kita adalah ciptaan Allah dari yang baik dan suci. Dari sisi inilah seseorang dapat memahami satu dengan yang lain.