Suka dan Duka Jadi Aparatur Sipil Negara

Suka dan Duka Jadi Aparatur Sipil Negara

Foto: Instagram@pnsgantengcantik

 

Soal pekerjaan, di negara kita dari dulu sampai sekarang masih mengidolakan bekerja di lingkungan pemerintahan atau menjadi aparatur sipil negara atau PNS, setuju nggak? Setuju dong.

Coba cek di keluarga kalian dan bandingkan antara saudara yang kerja sebagai PNS dengan saudara yang kerja di sektor swasta mana yang akan jadi kebanggaan. Saya yakin pasti banyak yang jawab kerja di lingkungan pemerintah atau jadi PNS.

Nah, coba kita cek sebenarnya apa sih suka duka menjadi seorang aparatur sipil negara atau PNS ini, kamu harus simak ya Gengs:

 

Sukanya jadi ASN itu:
1. Gajinya tetap dan enak dimasa tua karena ada dana pensiun yang akan diterima setiap bulannya saat pensiun. Keren'kan?
2. Kerjanya santai, walau terikat oleh waktu dan target tapi tidak ekstrim seperti pegawai swasta atau yang punya bisnis sendiri. Luar biasa ya Gengs!
3. Waktu kerja relatif singkat. Ada beberapa ASN yang memang memiliki waktu kerja relatif singkat misalkan guru atau pegawai negeri daerah, namun rata-rata semua ASN memiliki waktu kerja sekitar 8 jam.
4. Menantu idaman itu seorang PNS. Nggk percaya? Coba tanya sama ibu-ibu jaman old mereka pasti lebih memilih anaknya dipinang oleh seorang ASN. Ha ha ha (sekalipun SK belum keluar)
5. Terhindar dari istilah PHK. Benar kalau yang satu ini adalah momok bagi pekerja swasta tapi istilah PHK dilingkungan ASN.

 

Sekarang, dukanya menjadi seorang ASN apa ya?
1. Gajinya sedikit, kalau mau tahu gaji ASN silahkan silahkan cek peraturan pemerintahnya ada lengkap dan coba bandingkan kerja di swasta entah jadi pegawai swasta atau pemilik usaha.
2. Siap-siap hidup berkecukupan, cukup buat beli mobil, beli rumah hahahaha, maksud saya dari gaji yang sedikit ini menjadi seorang ASN harus bener-bener bisa me-manage uang dengan baik atau hidup prihatin. Tapi bisa sih mau beli mobil dan rumah dengan jurus jitu, yaitu nyekolahin SK ASN nya, ssssssttts itu rahasia.
3. Tidak bisa beli ini-itu, dari gaji yang sedikit itu kita tidak bisa beli apa yang ingin kita beli. Ya setidaknya kita mesti nabung dulu untuk beli barang yang kita inginkan.

Kira-kira demikian suka dan duka menjadi seorang ASN, sebenarnya masih banyak lagi yang harus diceritakan. Namun menurut saya hal tersebut cukup untuk menggambarkan bagaimana kehidupan seorang ASN.

Jangan lupa juga artikel hanya sebatas pandangan penulis, karena walau bagaimanapun suatu pekerjaan tergantung orang yang menjalaninya kata orang jawa "sawang-sinawang", apapun pekerjaannya jika kita ikhlas dan di niat kan untuk beribadah insya Allah pasti enak untuk menjalaninya. Gimana Gengs tertarik menjadi PNS?