Telaga Warna Dieng, Indah Bak Telaga Surga

Telaga Warna Dieng, Indah Bak Telaga Surga

Pesona telaga warna Wonosobo (Laila/Kemanakita.id)

 

Hay geng Kali ini, saya akan mengajak kalian piknik ke TELAGA WARNA, Dieng. Telaga ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan merupakan salah satu destinasi unik kabupaten Wonosobo.

Akses menuju ke telaga warna dapat ditempuh dari pusat kota Wonosobo dengan menggunakan kendaraan umum dari terminal kota Wonosobo, dengan menempuh jarak sekitar 30 km, atau kurang lebih selama 45 menit sampai 1 jam. Tetapi jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam keadaan baik  yaa guys. Hal ini disebabkan karena medan jalan yang dilewati cukup  berliku dan menanjak. Disamping itu, dikanan dan kiri jalan berbatasan langsung dengan jurang yang cukup dalam.

Obyek wisata Telaga Warna buka setiap hari. Hari biasa jam 07.30 s/d 17.00 WIB dan hari Sabtu, Minggu, dan hari besar jam 06.30 s/d 17.00 WIB dengan harga tiket pada hari biasa Rp 12.500,-  dan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari Libur Rp 15.000,- dengan catatan Anak diusia 5 tahun harus bayar penuh. Untuk harga tiket wisatawan Internasional, hari biasa Rp 107.500,- dan hari libur Rp 157.500,-

 

Kenapa sih disebut Telaga Warna? Pasti  kalian bertanya-tanya yaa..

Ternyata nama itu diberikan karena keunikan fenomena alam dari telaga ini guys… yaitu warna air dari telaga yang selalu berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning, atau berwarna-warni seperti pelangi.

Kok bisa yaa?

Naah.. Ini disebabkan karena air telaga mengandung sulfur yang sangat tinggi, sehingga saat sinar matahari mengenai air telaga, maka telaga tampak berwarnna-warni.

Telaga Warna berada diketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahannya.

Guys, waktu yang tepat untuk mengunjungi telaga warna adalah saat pagi atau siang hari. Karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi sekitar telaga warna, jadi  pengunjung tidak bisa menikmati  keindahan alamnya.

Keberadaan Telaga Warna Dieng juga sangat berguna bagi masyarakat sekitar. Penduduk sekitar yang mayoritas bekerja sebagai petani, memanfaatkan air telaga warna sebagai sumber irigasi untuk  mengairi tanaman kentang yang menjadi komoditas utama di  kawasan ini.

Disekitar Telaga Warna Dieng terdapat beberapa gua yang juga patut untuk dikunjungi, seperti Gua Semar yang menjadi pertapaan  Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Didepan gua ini  terdapat arca wanita dengan membawa kendi. Gua ini juga memiliki kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit menjadi cantik, lhoo guys..

Ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, Gua Jaran Resi Kendaliseto, Batu Tulis Eyang Purbo Waseso.

Gua-gua disekitar telaga warna ini sering dijadikan sebagai tempat meditasi. Tau gak sih? Presiden kita, bapak Soeharto juga pernah meditasi disini lhoo.

Harmoniasasi keindahan Telaga Warna, pepohonan yang asri, dan udara yang sejuk menjadikan obyek wisata ini selalu ramai pengunjung.

Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan Mushola. Jadi, tidak usah khawatir yaa.. kita tetap bisa beribadah meskipun sedang berwisata.

So, kamu kapan ke Telaga Warna?