4 Bentuk Pengabdian Seorang Anak Terhadap Ibu

4 Bentuk Pengabdian Seorang Anak Terhadap Ibu

For all those time you stood by me

For all the truth you made me see

For all the joy you brought to my life

For all the wrong that you made right

For every dream you made come true

For all the love I found in you

I’ll be forever thankful (Mommy)

Youre the one who held me up, never let me fall

Youre the one who saw me through throught it all

 

Tahu judul dari petikan lirik lagu di atas, Guys? Pasti tahu! Yaps lagu because you loved me yang dinyanyikan oleh Celine Dion. Entah kenapa saat memutar lagu itu, saya jadi rindu ibu yang seminggu lalu liburan ke Lampung. Saya rasa lagu tadi cocok sekali untuk ibu saya dan seluruh ibu di dunia. Karena hanya seorang ibulah yang memiliki cinta kasih sebesar itu.

Untuk waktunya selama ini, untuk semua kebahagiaan yang telah ibu bawa dalam kehidupan kita. Untuk segala keinginan kita yang telah ibu wujudkan. Untuk seluruh cinta dan kasih ibu. Untuk segala pengorbanan ibu. Terima kasih ibu untuk segala hal yang telah engkau berikan pada putra putrimu yang tak mungkin bisa kita balas.  

Bahkan ada pepatah jawa yang menyebut “jasane wong tuo dibanding jasane anak  gedhene sak kelopo banding sak upo”. Artinya sebesar apapun balas budi atau jasa anak terhadap orang tua tidak akan pernah bisa menyamai bahkan menandingi jasa orang tua terutama ibu terhadap anaknya.

Meski begitu, kita wajib untuk menghormati dan  berusaha melakukan hal-hal yang terbaik untuk orang tua kita terutama untuk ibu kita sebagai bentuk pengabdian seorang anak terhadap ibu. Lantas hal apa saja yang bisa lakukan?

 

1. Selalu Membuat Ibu Merasa Bahagia

Oke, hal sederhana yang pertama bisa kita lakukan adalah berusaha untuk selalu membuat ibu bahagia.  Entah dengan menuruti kemauannya, mengukir prestasi yang membanggakan dan bahkan hal kecil seperti kita selalu mengabari ibu di mana kita berada saat sudah waktunya pulang tapi kita belum berada dirumah. Intinya jangan pernah membuat ibu sedih dan khawatir. 

 

2. Jangan Membantah Nasihatnya

Ibu yang banyak bicara, ibu yang sering menasihati sebetulnya mereka itu  sedang mengungkapkan kasih sayangnya pada kita. Saat memberi nasihat ataupun ceramah, dengarkan dengan baik. Bahkan ketika ibu marah, jangan dibalas dengan memarahinya. Coba berusaha mengerti kondisinya. Barangkali fisik dan psikisnya sedang letih atau sebab lainnya.

 

3. Luangkan Waktu

Coba sekali-kali kita menengok ke belakang. Betapa luar biasa ibu, yang telah memberikan waktunya kepada kita sewaktu kita masih kecil. Lantas sekarang jika kita sudah besar dan sibuk dengan urusan masing-masing, sempatkah kalian bermanja-manja dengan ibu? Sesibuk apapun kita sekarang ini, jangan lupa untuk meluangkan waktu bersama ibu. Bagi saya, sampai sebesar ini pundak dan pangkuan ibu adalah tempat paling nyaman untuk meluapkan segala unek- unek yang ada di hati dan pikiran.

 

4. Bersyukur dan Menerima Bagaimanapun Kondisinya

Dan yang terakhir adalah menerima dan bersyukur dengan kondisi ibu. Berusaha untuk tidak membandingkan dengan ibu lain. Semua Ibu adalah hebat. Berusaha menerima dengan lapang dada saat ibu tak bisa memenuhi permintaan kita.  Cobalah pahami perasaan ibu yang tidak bisa memenuhi permintaan anaknya. Berkali lipat jauh lebih menyakitkan dari perasaan kita yang belum terpenuhi keinginannya.

Nah, itulah guys beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk ibu-ibu kita. Terima kasih untuk cintamu. Terima kasih untuk kasih sayangmu. Terima kasih untuk segalanya.

 

Illustrasi Ibu dan Anak: thelifesquare.com