Ternyata Bahagia Itu Sederhana Dengan Cara Ini Kamu Bisa Bahagia

Ternyata Bahagia Itu Sederhana Dengan Cara Ini Kamu Bisa Bahagia

Illustrasi via kolomaktual.com

 

Bahagia yaitu suatu keadaan di mana hati merasa tenteram, damai dan bebas dari rasa susah. Bener gak sih Gengs? Oiya, Gengs, setiap orang mendambakan sebuah kebahagiaan. So, di mana sih letak kebahagiaan itu? Di sini (menunjuk hati) atau di sini (lihat dompet)? Nah, inilah jawabannya Gengs...

 

Apakah bahagia itu terletak dalam sebuah kenikmatan yang bersifat materi? 

Jawabannya adalah tidak. Sejarah membuktikan bahwa kenikmatan materi tidak menjamin seseorang itu bahagia. Tentu masih ingat dengan kisah Rabi’ah Adawiyah, seorang penyanyi yang terkenal dan tentu sangat kaya raya karena begitu populernya. Tapi dengan kekayaan dan kepopulerannya, Rabiah masih saja merasa gelisah dan tidak bahagia. 

 

Kemudian apakah bahagia itu terletak pada keluarga?

Menurut kebanyakan orang, anak yang baik bisa memberikan kebahagiaan. Dengan prestasi yang diraih, orang tua merasa bangga dan bahagia. Namun tak sedikit juga orang tua yang memiliki anak justru sering rebut dan menimbulkan masalah-massalah baru. Apalagi jika kondisi finansial keluarga sangat kurang, dengan jumlah anak yang banyak akan menjadi masalah dan menyebabkan timbulnya rasa tidak bahagia. 

 

Lalu di mana ya letak bahagia itu?

Bahagia itu ternyata ada di dalam dirimu sendiri, Gengs. Tidak akan kamu temui selain dari dalam hatimu sendiri. Kamu akan menemukan bahagia di dalam hatimu yang tenang dalam hatimu yang tenteram. Kamu akan menemukan bahagia dalam hatimu yang lapang dan luas yang bisa menampung segala rasa. 

 

Bagaimana untuk merasa tentram dan tenang? Ini dia sahabat Reviens :

Percaya dan Mendekatkan Diri Dengan Tuhan 

Iman dan kedekatan dengan Tuhanlah yang bisa menentramkan hati kita. Sehingga kita bisa merasa bahagia. Bukan hanya fisik kita saja yang butuh nutrisi. Pun dengan jiwa. Beri nutrisi pada jiwa dengan taat beribadah kepada–Nya.

 

Bersyukur

Yaps, selanjutnya adalah bersyukur. Merasa puas dengan apa-apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Setiap hembus nafas kita adalah nikmat karunia Tuhan yang tak ternilai harganya. Sudah seharusnya kita senantiasa bersyukur pada-Nya? Jawab sendiri dalam hati ya. Yakin deh dengan begitu kita merasakan apa itu bahagia.

 

Berusaha Melakukan Seribu Kebaikan

Coba kamu Tanya pada dirimu sendiri, sudah berapa banyak kebaikan yang telah kamu lakukan hari ini ? Coba sekali-kali kamu timbang, apakah lebih banyak kebaikan atau malah keburukan yang kamu lakukan hari ini? Sebenarnya ya Gengs, kesempatan berbuat baik itu tersebar dimana-mana. Yang menjadi masalah adalah tertarikkah kita untuk mengambil kesempatan berbuat baik itu? Entah kamu sadari atau tidak setelah kamu melakukan satu kebaikan, ada suatu perasaan lega puas dan bahagia yang bersemayam dalam hati? Betul apa Betul? 

Seorang pernah berkata, Happiness is not something ready made. Its come from your own actions. Bahagia itu tidak tercipta dengan sendirinya. Bahagia juga tidak didapatkan dari orang lain. Bahagia perlu diciptakan dari dalam diri kamu sendiri. So, tunggu apalagi untuk menjadikan dirimu manusia paling berbahagia...