Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini

Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini
Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini
Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini
Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini
Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini
Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini
Yuk Nostalgia Permainan Yang Penuh dengan Kearifan Lokal Ini

Perahkah Anda bermain gasing? Ya, gasing adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang dapat berputar pada poros dan berkesetimbangan pada satu titik. Selain gasing, Indonesia ternyata memiliki sekitar 740an Permainan tradisional yang sudah teridentifikasi dari sekitar 2500an jenis permainan. Dan bagi Anda yang rindu dengan permainan masa kecil atau bahkan ingin mengenalkan permainan tradisional ini kepada anak-anak Anda, gudang dolanan Indonesia menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang permainan tradisional Indonesia.

 

Gudang dolanan Indonesia merupakan tempat untuk menyimpan permainan tradisional Indonesia. Gudang dolanan ini digagas oleh Endi Aras pada tahun 2007 dan memiliki koleksi sekitar 200an permainan, dan saya pun berkesempatan bernostalgia dengan mencoba beberapa permainan tradisional koleksi gudang dolanan Indonesia ini.

 

 

Pertama kali saya memulai nostalgia dengan memainkan gasing. Gudang dolanan Indonesia sendiri memilki koleksi gasing dari berbagai daerah di Indonesia,  baik yang terbuat dari kayu dengan ukuran besar, maupun terbuat dari bambu yang memiliki ukuran lebih kecil. Aku sendiri mencoba gasing yang terbuat dari bambu dan dapat mengeluarkan bunyi. Saat memaikkan permainan yang sering ditemukan di Jogjakarta atau Magelang ini, memoriku kembali ke masa kecil yang sering memainkan gasing ini. Indah memang buatku yang hidup di sebuah kampung dengan keterbatasan akses permainan modern, justru menikmati permainan yang benar-benar khas Indonesia dan memiliki kearifan lokal tersendiri. Namun sayang saat saya mencobanya lagi setelah sekian lama tidak memainkannya gagal terus dan alhasil tidak mengeluarkan bunyi yang nyaring, karena memang butuh latihan yang sering agar dapat memainkannya dengan sempurna.

 

 

Sedikit informasi, gasing yang dulu saya mainkan tidak hanya yang bisa bunyi itu, namun ada gasing yang ukurannya sangat kecil, dan terbuat dari buah pohon singkong. Apakah Anda tahu gasing jenis ini? Kalau tidak tahu berarti sama ama bang Andi Aras. Saat saya tanyakan perhal ini diapun tidak mengetahuinya. Namun di gudang dolanan aku menemukan gasing yang mirip, namun terbuat dari buah yang berbeda. Sayang aku lupa nama buah tersebut. Dengan begitu membuktikan bahwa Indonesia ini gudangnya berbagai macam jenis permainan, namun sayang tidak sedikit yang belum teridentifikasi. Dan terlebih anak zaman sekarang sudah banyak yang tidak tahu permainan seperti ini. Mereka lebih lihai dan hafal permainan di gawainya.

 

Setelah puas bermain gasing, saya mencoba permainan lain koleksi gudang dolanan. Egrang batok pilihanku. Permainan ini mungkin sudah tidak asing lagikan bagi Anda? Atau malah tidak tahu? Hehe.. Atau Anda lebih familiar dengan egrang bambu? Yaps, pada dasarnya egrang ini sama saja, dan cara memainkannya pun sama. Namun kalau yang ini alasnya terbuat dari batok kelapa, dan pegangannya dari tali. Tentunya bemain permainan ini lebih seru dimainkan bersama dengan teman-temannya.

 

Semua permainan tradisional ini memiliki filosofi tinggi terhadap kebersamaan, kejujuran, sportifitas,  kesederhaan,  dan taat pada aturan. Kebanyakan permainan ini lebih banyak dimainkan secara bersama-sama, dan setiap permainan tradisional kebanyakan dimainkan minimal dua orang.

 

Di era digital ini, dalam memperkenalkan permainan tradisional Indonesia cukup berat. Terlebih anak zaman sekarang lebih memilih bermain digawai yang notabennya mengurangi tingkat sosial anak, namun tidak sedikit pula anak-anak suka permainan tradisional berkat kerja keras komunitas-komunitas atau lembaga yang konsen terhadap permainan tradisional. Salah satunya Rifa dan Tera yang begitu lihai dan cukup paham beberapa permainan tradisional Indonesia,  karena mereka berdua sering datang dan memainkan permainan yang ada di Gudang Dolanan Indonesia. "senang, dan bisa dimainkan bersama teman-teman, seru" ujar mereka berdua.

 

Pemerintah diharapkan dapat lebih memberikan dukungan terhadap pelestarian terhadap salah satu budaya bangsa Indonesia, yaitu permainan tradisional yang memiliki nilai-nilai sosial dan kebersamaan yang tinggi dibandingkan permainan modern yang cenderung mengurangi bahkan menghilangkan interaksi sosial anak.