3 Bahayanya Sikap Kelewat Manja

3 Bahayanya Sikap Kelewat Manja

Photo by Charlie Foster on Unsplash

 

Mendengar kata “manja” mungkin membuat sebagian orang merasa risih, sebab manja dianggap sebagai suatu kekurangan yang harus dihilangkan. Padahal jika dilihat dari sisi lain, sikap manja juga bisa menjadi suatu kelebihan lho sebab orang manja cenderung punya hati yang lemah lembut, hangat dan penyayang.

Terlepas dari segala kekurangan dan kelebihannya, tentu saja ada yang harus diperhatikan yaitu kadar manja itu sendiri, serta kapan dan di mana manja ditempatkan. Hal itu penting, Gengs, agar sikap manja itu tidak merugikan diri sendiri.

So, jika kalian punya karakter manja, sah-sah saja sich, hal itu wajar sebab pada fitrahnya manusia itu suka bermanja. Asal jangan sampai berlebihan atau kelewat manja saja iya, hal itu berbahaya lho Gengs! Kalian harus hati-hati. Memang apa saja sich bahayanya, simak yuk ulasannya 

 

1. Kesulitan mengembangkan bakat

Sikap manja yang kebangetan jelas akan membuat kalian sulit berkembang, Gengs. Hal ini karena kalian sudah terbiasa pada zona nyaman yang tidak suka akan tantangan baru. Kebiasaan seperti ini justru dapat membelenggu kemampuan yang ada pada diri kalian karena tidak bisa mengeksplor segala kemampuan dan bakat yang ada.

Jika dibiarkan berlaru-larut kepercayan diri kalian juga akan berkurang Gengs, sebab dalam segala hal kalian sudah terbiasa dibantu dan dihandle oleh orang lain.

 

2. Kesulitan bersosialisasi

Karakter manja yang kebangetan cenderung memiliki pribadi yang keras kepala, egois, tidak percaya diri dan pengenya menang sendiri, pribadi seperti ini akan sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, di mana tak semua orang bisa memenuhi dan mengikuti perintah kalian.

Hal ini akan membuat kalian menjadi sosok yang individualis, sebab kalian akan kesulitan mendapat teman yang mau menerima karakter manja yang kebangetan itu.

 

3. Lebih suka cara instan

Kalian yang terbiasa memperoleh apa saja yang diinginkan dengan cara mudah dan instan menyebabkan kalian kurang menghargai suatu usaha. Selain itu semua kebutuhan yang selalu dipenuhi dan didahulukan membuat kalian tidak menghargai apa itu suatu proses.

Tak heran jika dalam mendapatkan sesuatu kalian lebih tertarik menempuh dengan jalan pintas ketimbang harus bersusah payah meraihnya. Hal itu sangat berbahaya lho gengs, ingat! di dunia ini tidak ada yang instan semua butuh usaha dan proses.

 

Nah, gimana, Gengs? Berbahaya bukan, sikap super manja itu. Jika kalian memiliki sifat manja yang berlebih, lebih baik segera perbaiki iya! 
Semoga bermanfaat!