Kamu Orangnya Gak Enak-an? Simak Tips Berhenti Jadi Orang Gak Enak-an!!

Kamu Orangnya Gak Enak-an? Simak Tips Berhenti Jadi Orang Gak Enak-an!!

Foto: unsplash.com/@mimithian

 

Hayoo..siapa yang orangnya gak enak-an, diajak kemana-atau disuruh ngapain gak enak mau nolak dan akhirnya di iya-in aja, padahal dalam hati kecil tidak mau.

Ini ada tips biar kamu terlepas dari perasaan gak enak-an;

 

1. Kamu Harus Paham Pentingnya jadi diri yang apa adanya

Dari pada kamu sering nurutin kemauan orang lain, coba deh kamu lebih menghargai dirimu sendiri, kayak apa yang kamu mau, apa yang menjadi value kamu sendiri.

 

2. Jangan sampai berkata "Iya" menjadi kebiasaan bagi kamu

Ketika kamu dihdapkan dalam suatu hal janganlah buru-buru bilang iya Gengs. Kamu bisa ganti dengan kata-kata yang lebih baik lagi seperti "Nanti aku kabari lagi yah" jadi kamu bisa mikiri dulu.

 

3. Setiap harus berkata “Tidak”, mungkin kamu akan merasa ada yang kurang di hari. Tapi itu manusiawi kok

Kamu pasti akan merasa bersalah ketika mengatakan “Tidak” pada seseorang. Karena itu, hibur dirimu sendiri setiap kali kamu harus melakukannya. Sadarilah bahwa perbuatanmu itu manusiawi.

Ingat, setiap kamu mengatakan tidak, jangan berkali-kali minta maaf. Sebelum melontarkan kata maaf yang ketiga atau keempat kalinya, tanyakan dulu pada dirimu sendiri: apakah ini memang salahmu? Seringnya sih… jawabannya “Bukan”. Jadi santai saja, ya.

 

4. Jangan ragu untuk menjelaskan alasan kenapa kamu menolak

Beri penjelasan karena kamu sedang ada prioritas yang segera kamu kerjakan, sibuk bekerja, atau alasan lain bahwa permintaannya tidak sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Katakanlah jujur kepada temanmu, biar dia mengerti juga dengan keadaanmu.

 

5. Beri dia pengertian dan tunjukkan sifat menghargainya

Jelaskan kenapa kamu menolak permintaannya dengan alasan yang kuat. Selain itu tunjukkan sifat menghargainya agar dia tidak merasa kecewa dan tersinggung dengan apa yang kamu putuskan. 

 

Nah itulah Gengs sedikit tips menghilangkan perasaan gak enak-an terhadap orang lain.