Ragam Olahan Telor Ceplok Yang Enak dan Mudah Dibuat

Ragam Olahan Telor Ceplok Yang Enak dan Mudah Dibuat

Untuk menu sarapan atau menu makan, telur menjadi bahan andalan untuk dimasak. Selain praktis, murah, terjangkau ,dan memiliki banyak manfaat, telur juga memiliki rasa yang enak jika dimasak dengan cara yang tepat.

Banyak ragam variasi olahan telur ceplok yang dimasak dengan cara yang berbeda, dan tentunya dengan rasa yang berbeda pula nantinya.

Berikut, penting untuk anda baca sebelum memasak telur ceplok agar pengetahuan anda lebih luas lagi tentang memasak telur ceplok dan tidak bosan dengan satu variasi.

dikutip reviens group dari Channel YouTube Arnold Poernomo tentang macam-macam telur ceplok dan cara memasaknya.

 

– Telur Mata Sapi (Sunny Set Up)

Cara pembuatannya : Anda bisa menggunakan teflon antilengket, dan  tidak masalah menggunakan wajan biasa  dengan menggunakan minyak sedikit banyak untuk melapisi wajan agar tidak lengket.

Setelah itu tuangkan minyak lalu  panaskan, jangan lupa masak telur mata sapi menggunakan api yang kecil.

Pecahkan telur kedalam teflon secara perlahan-lahan,setelah itu tutup menggunakan penutup wajan. Anda bisa memasaknya 3-5 menit untuk tingkat kematangan yang pas yaitu putih telurnya matang, tetapi kuningnya masih berair, atau bisa dimasak sesuai tingkat kematangan selera Anda.

 

– Telur Goreng (Fried Egg)

Memasak telur goreng ini menggunakan minyak yang agak banyak agar nantinya pada sisi pinggir putih telur bisa crispy.

Caranya yaitu panaskan minyak lalu seperti biasa pecahkan telur atau jika takut terkena percikan minyak panas anda bisa pecahkan telur kedalam mankok lalu baru tuangkan keteflon/wajan.

Tingkat kematangannya, warna pinggir putih telur sudah agak kecoklatan dan crispy sudah siap anda angkat dari penggorengan.

 

– Over Easy

Gunakan minyak sedikit/mentega supaya nantinya telur lebih lembut lalu masukan telur perlahan, tuunggu 5-7 detik sampai bawah putih telur  sudah cukup kuat untuk dibalik, balik secara perlahan.

Anda bisa masukan garam dan merica sesuai selera Anda.

Setelah itu telur bisa disajikan.

 

– Telur Mata Sapi Mentega

Caranya masih sama dengan telur mata sapi diatas namun ada yang membedakan yaitu menggunakan mentega.

Menggunakan mentega yakni agar nanti teksture telur menjadi lebih lembut berbeda dengan menggunakan minyak yang teksturnya seperti ngaret.

 

Telur ceplok mana yang cocok untuk menemani menu makan anda? Anda bisa mencoba semuanya, bisa dengan mie instan, atau menjadi menu pelengkap makan Anda.

Selamat mencoba!

 

(cut/pal)